Pantau Flash
Penerimaan Bea Keluar Nikel Ekspor Melonjak Akibat Larangan Ekspor
13 Aliran Kepercayaan Sesat Tumbuh di Bekasi
PSSI Tak Tahu Keberadaan Simon McMenemy saat Ini
DPR RI pada BI: Jangan Sampai Penggunaan Uang Digital Jadi Money Creation
Timnas U-22 Indonesia Ditahan Iran 1-1

Menjaga Hubungan Baik dengan Rekan Kerja Dapat Memperpanjang Umur

Menjaga Hubungan Baik dengan Rekan Kerja Dapat Memperpanjang Umur Rekan Kerja. (Foto: Getty Images)

Pantau.com - Menurut riset yang dipublikasikan "American Psychology Association mengungkapkan, seseorang yang akrab dengan rekan kerja di kantor bisa membantu memperpanjang umur.

Riset itu dilakukan oleh University of Tel Aviv di Israel selama 20 tahun, antara 1988 hingga 2008.

Penelitian tersebut melibatkan 820 pria dan perempuan, mereka yang memiliki hubungan kelompok dengana baik memiliki risiko kematian lebih rendah daripada mereka yang tidak berbaur dengan rekan kerja.

Kaitan antara hubungan rekan kerja yang baik dengan risiko kematian paling menarik perhatian di antara mereka yang berusia antara 38 dan 43 tahun.

Bagaimanapun juga, dukungan positif dari atasan atau orang lain dalam posisi yang lebih senior menunjukkan bahwa hal tersebut tidak memiliki pengaruh pada kematian.

Baca Juga: Atasi Stres dengan Rutin Minum Jus Buah Delima

Justru faktor yang mempengaruhi terdapat pada korelasi hubungan kerja yang baik, termasuk membantu rekan yang lain dalam memecahkan masalah dan juga keramahan yang ditimbulkan dari sesama karyawan kantor.

Studi kasus dipilih dari beberapa perusahaan keuangan terbesar di negara itu, seperti asuransi, perusahaan publik, pelayanan kesehatan dan pabrik yang bekerja rata-rata 8.8 jam setiap hari.

Sepertiga partisipan adalah perempuan,  80 persen menikah dengan anak dan 45 persen setidaknya memiliki 12 tahun pendidikan formal.

Laporan lain yang diterbitkan dalam jurnal APA Health Psychology, juga menemukan fakta bahwa umur panjang pria meningkat oleh kontrol dan pengambilan keputusan.

Baca Juga: Dari Mata hingga Jantung, Ini 5 Manfaat Konsumsi Buah Kiwi

Bagaimanapun juga, tanggung jawab yang sama dalam sampel perempuan ditemukan memiliki pengaruh berlawanan, semua menunjukkan meningkatnya risiko kematian.

Pemimpin penelitian, Dr Arie Shirom mengakui mereka tidak memiliki data pada perubahan dalam beban kerja, kontrol atau dukungan selama periode 20 tahun.

Dia menambahkan, para peneliti lain secara konsisten juga memiliki temuan bahwa karakteristik pekerjaan dari beban kerja, kontrol dan dukungan cenderung stabil sepanjang waktu, hal tersebutlah yang mempengaruhi kesehatan mereka lebih terjaga.

Tim Pantau
Editor
Kontributor - ANU
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam

Berita Terkait: