Forgot Password Register

Menkominfo Yakin Bocornya Data Pengguna Facebook di Indonesia Lebih Dari 1,1 Juta

Menkominfo Yakin Bocornya Data Pengguna Facebook di Indonesia Lebih Dari 1,1 Juta Menkominfo Rudiantara (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memperkirakan kasus penyalahgunaan data Facebook oleh pihak ketiga jumlahnya lebih besar dari yang diumumkan. 

Ya, dari yang awalnya ada 50 juta data pengguna yang disalahgunakan oleh  Cambridge Analytica bertambah menjadi 87 juta. Dan di Indonesia terdapat 1,1 juta yang bocor.

"Saya sendiri belum yakin bahwa ini akhir daripada kasus 'compromise' data ini dengan 80an juta, dengan 1,1 juta masyarakat Indonesia yang datanya di sana. Saya belum yakin," ujar Rudiantara, di Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Untuk itu, Rudiantara meminta laporan audit Facebook atas pihak ketiga yang dilakukan untuk mengetahui penggunaan kebocoran data.

Baca juga: Menkominfo Tak Segan Blokir Facebook soal Bocor Data dan Konten Adu Domba

Pria yang akrab disapa Chief RA itu menyampaikan Facebook juga mempunyai hutang terhadap permintaan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk menutup akun-akun yang bertentangan dengan undang-undang.

"Facebook punya utang ke Kemkominfo cukup banyak di 2016 dan 2017, masih banyak yang kami minta 'take down' karena melanggar undang-undang, misalkan sifatnya mengadu domba," tutur Menkominfo.

Kemkominfo telah memberikan waktu pada Facebook untuk melunasi "utang" tersebut. Dan menilai komitmen Facebook dalam menjalankan permintaan Kominfo.

Terkait surat balasan Facebook pada surat peringatan Kemkominfi, Rudiantara mengaku belum tahu isinya karena baru kembali dari luar negeri.

Baca juga: Facebook Minta Maaf Gagal Jaga Data Pribadi Pengguna Indonesia

"Belum tahu saya, surat saja saya belum terima. Nanti kita lihat ada rasionalitas bagi kita juga," ucapnya. 

Seperti diketahui, Facebook dalam surat balasannya, sudah melakukan pembatasan akses dan pemutusan aplikasi pihak ketiga sejenis CubeYOU dan Aggregate IQ dan kini sedang melakukan investigasi terhadap aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, proses audit yang dilakukan Facebook masih berjalan dan akan membutuhkan waktu. Perkembangan proses audit akan diinformasikan kepada pemerintah Indonesia.

Selain surat tersebut, dikabarkan petinggi Facebook akan datang ke Indonesia untuk menjelaskan perkembangan lebih lanjut secara langsung kepada Menkominfo.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More