Forgot Password Register

Menko Perekonomian Darmin Nasution Khawatir Tiket Pesawat Jadi Penyebab Inflasi Juni

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto:Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memprediksikan inflasi Juni 2018 berkisar antara 0,20 hingga 0,25 persen.

Menurutnya harga bahan pokok cukup terkendali sehingga dinilai andilnya tidak cukup besar. 

"Menurut saya antar 0,2 sampai 0,25 persen. Antara itu, karena harga-harga oke, beras oke, daging oke. Yang mungkin sedikit naik itu telor. Telor enggak banyak amat di belanja juga," ujarnya saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin (11/6/2018).

Baca juga: Menguak Perang Bisnis Saudara yang Ciptakan Brand Mendunia

Lebih lanjut menurutnya yang perlu dikhawatirkan adalah inflasi dari transportasi yakni tiket pesawat yang dinilainya rentan memberikan sumbangsih besar di masa mudik lebaran.

"Yang harus kita perhatikan, itu tiket pesawat. Kalau tiket angkutan darat, biasanya tidak mudah lagi dimain-mainkan atau didorong naik. Pesawat bisa naik, satu rate kemana, tiketnya berubah. Ya susah juga memang," ungkapnya.

Sebelumnya, Bank Indonesia mencatat pertumbuhan inflasi bulan Ramadan cukup rendah. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memantau harga pada Juni 2018 menunjukkan indikator harga terkendali dan rendah. 

"Dari pemantauan harga sampai minggu satu, kita estimasi pada Juni diperkirakan inflasi 0,22 persen month to month. Kalo secara kumulatif jan ke juni 1,53 persen year to date, kalo year on year 2,75 persen," ujarnya dalam jumpa pers di Gedung Thamrin Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (8/6/2018).

Baca juga: Menguak Perang Bisnis Saudara yang Ciptakan Brand Mendunia

Ia menilai ini menunjukkan, bahwa harga-harga terkendali rendah. 

"Ini adalah menunjukan bahwa harga-harga tetap terkendali dan rendah, tadi 0,22 persen month to month 1,53 persen year to date itu harga terkendali" papanya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More