Pantau Flash
PSG Tolak Tawaran Barcelona untuk Neymar
Amnesty International Desak Presiden Jokowi Ambil Alih Kasus Novel
BPPT: Gempa Megathrust Magnitudo 8,8 Berpotensi di Selatan Pulau Jawa
Wadah Pegawai KPK Kecewa dengan Hasil Investigasi TPF Kasus Novel
Penyuap Romahurmuziy Dituntut 3 Tahun Penjara dan Ditolak Jadi JC

Mesir Serang Erdogan Gara-gara Sebut Muhammad Mursi Korban Pembunuhan

Mesir Serang Erdogan Gara-gara Sebut Muhammad Mursi Korban Pembunuhan Ilustrasi Muhammad Mursi (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengklaim bahwa mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi adalah korban pembunuhan. Erdogan juga mengecam Mesir lepas tangan.

Dikutip dari Sputnik, Kamis (20/6/2019), menanggapi hal itu, Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Choukri mengecam keras pernyataan Presiden Turki Erdogan. 

Sementara itu, parlemen Mesir mengecam klaim apa yang dilakukan Erdogan sebagai bentuk intervensi dalam urusan internal Mesir.

Baca juga: Amnesty Internasional Desak Mesir Selidiki Kematian Mursi

Untuk diketahui, Mursi digulingkan pada 2013 dalam sebuah kudeta yang dipimpin oleh presiden incumbent Abdel Fattah el-Sisi. Ia meninggal pada usia 67 pada 17 Juni lalu, lantaran serangan jantung selama sidang pengadilan pada kasus spionase di Kairo.

Setelah kematiannya, Kantor Komisi Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia menyuarakan keprihatinan atas kondisi penahanan Mursi dan penyediaan perawatan medis yang diperlukan. Pihak berwenang juga meminta penyelidikan independen atas kematian mantan presiden Mesir itu.

Amnesty International juga mendukung seruan tersebut dan menegaskan kembali bahwa perlu dilakukan penyelidikan terhadap masalah kematian Mursi. Menanggapi seruan PBB, Kementerian Luar Negeri Mesir menuduh organisasi  tersebut mempolitisir kematian Mursi.

Baca juga: Sebelum Meninggal Dunia, Mursi Sebut Punya Banyak Rahasia

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional