Forgot Password Register

Miliki Keterbatasan, Tak Hentikan Langkah Jendi Berprestasi

Miliki Keterbatasan, Tak Hentikan Langkah Jendi Berprestasi Jendi Pangabean. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Atlet para renang Indonesia, Jendi Pangabean, memiliki bentuk tubuh yang kurang sempurna. Namun dalam kondisi seperti itu ia mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Jendi sudah berhasil meraih banyak prestasi di ajang multievent, diantaranya keberhasilannya pada saat ASEAN Para Games 2017 di Malaysia dengan mempersembahkan lima medali emas untuk kontingen Indonesia, bahkan ia berhasil mengantarkan Indonesia keluar sebagai juara umum saat itu.

Baca Juga: Turun di Enam Nomor, Jendi Targetkan Medali di Asian Para Games 2018

Jendi mengaku memang tidak mudah awalnya menerima kondisi sebagai penyandang cacat, bahkan ia menyaksikan secara langsung dan sadar saat kakinya hancur.

Namun hal itu tidak membuatnya putus asa, walaupun merasa ada yang kurang, karena Jendi di usia 12 tahun dirinya masih bisa berlari dengan kedua kakinya, hanya karena kecelakaan ia harus menerima kenyataan.

Ia bisa bangkit di saat masa-masa emas yang ia rasakan yaitu saat masa SMA, ia berhasil bergabung dengan salah satu klub di Palembang dan mulai menunjukkan prestasi di Pekan Olahraga Paralimpiade Nasional 2012 dengan meraih dua medali emas, satu perak dan satu perunggu.

Jendi Pangabean pun berharap para penyandang disabilitas di Indonesia saat ini tidak minder lagi ataupun bingung mau bagaimana, semua orang tahu jika ada kemauan pasti bisa. Hal itu sudah dibuktikan oleh Jendi yang awalnya terlahir normal dan harus kehilangan kakinya, namun bisa ia berhasil menyumbangkan banyak medali untuk Indonesia dari berbagai ajang.

Baca Juga: Ni Nengah Widiasih Siap Berikan yang Terbaik di Asian Para Games 2018

"Ya mereka harus berani, mereka harus punya kemauan apalagi kita ada momen untuk para disabilitas Indonesia, mereka harus lihat ada teman-teman mereka yang bisa membanggakan Indonesia walaupun dengan kondisi yang seperti ini," ujar Jendi Pangabean di Gedung Citibbank, SCBD, Jakarta, Selasa, 18 September 2018.

Jendi pun sadar apa yang diraihnya saat ini tak terlepas dari proses kerja keras serta berbagai dukungan dari orang-orang terdekat. Karena itu, dirinya berharap, kiprahnya di Asian Para Games 2018 bisa menginspirarsi banyak orang, khususnya para penyandang disabilitas seperti dirinya.

"Yang jelas mereka harus berani keluar, semangat. Apa yang kalian inginkan itu jangan takut, harus berani melangkah," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More