Forgot Password Register

Militer Afghanistan Gempur Markas Taliban, 8 Orang Tewas

Ilustrasi setelah serangan di Afghanistan. (Foto: Reuters/Ahmad Nadeem) Ilustrasi setelah serangan di Afghanistan. (Foto: Reuters/Ahmad Nadeem)

Pantau.com - Sedikitnya sembilan warga tewas dalam serangan malam pasukan keamanan Afghanistan di provinsi timur, Nangarhar. Sementara pertempuran berlanjut di seluruh Afghanistan.

Kejadian itu menggarisbawahi bahaya harian rakyat Afghanistan saat pertempuran meningkat sejak Taliban melancarkan serangan musim semi tahunannya pada bulan lalu. Korban itu termasuk kerabat dari ketua Senat, Fazl Hadi Muslimyar.

Baca juga: Foto Anak Migran Dikurung Dalam Kandang Zaman Pemerintahan Obama Jadi Viral

Delapan orang terluka, di samping sembilan tewas dalam serangan di kabupaten Chapahar, di luar ibukota propinsi itu, Jalalabad, katanya. Beberapa penduduk setempat menyebut korban tewas berjumlah 12 orang, dengan 28 terluka.

Angka terkini dari Badan Bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Afghanistan menunjukkan 763 warga tewas dan 1.495 terluka dalam tiga bulan pertama tahun ini, jumlah sama dengan masa sama dua tahun sebelumnya.

Kekerasan menyebar ke seluruh Afghanistan dalam beberapa pekan belakangan dengan pertempuran sengit di provinsi dari Badakhshan, Baghlan dan Faryab di utara ke Farah di barat, tempat Taliban sebentar mengancam menguasai ibu kota propinsi tersebut, dan Ghazni di tengah.

Baca juga: Iran-Israel Lakukan 'Pertemuan Rahasia' Bahas Konflik Yordania-Suriah?

Pejabat setempat menyatakan satu pusat kabupaten di provinsi Uruzgan, di jalur singgah utama dari daerah penghasil narkotika Helmand dan Kandahar, berada di bawah ancaman besar.

Pasukan keamanan di kabupaten Chora di tengah provinsi itu meninggalkan gubernuran dan markas besar polisi tapi pertempuran berlanjut, kata Hayatullah Fazli, anggota dewan propinsi.

Kantor gubernur provinsi itu memastikan pertempuran tersebut tapi membantah laporan bahwa kabupaten, yang mengalami pertempuran sengit dalam beberapa hari belakangan, sudah jatuh. Pemberontak menayangkan video tentara Afghanistan, yang ditangkap di kabupaten itu, mendesak tentara lain tidak bertempur melawan Taliban.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More