Forgot Password Register

Millenials Nggak Tahu APBN? Coba Cek Penjelasannya Pelan-pelan (Bagian I)

Millenials Nggak Tahu APBN? Coba Cek Penjelasannya Pelan-pelan (Bagian I) Pengesahan UU APBN 2019 (Foto: Kementerian Keuangan)

Pantau.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019  pada 31 Oktober lalu. 

Penerimaan negara 2019 ditargetkan total mencapai Rp2.165,1 triliun sementara total belanja negara sebesar Rp2.461,1 triliun.

Baca juga: Ada 78 Perjanjian Dagang Usai TEI 2018, Indonesia Dapat Untung Apa?

Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang turut mengawal anggaran negara ini, tentunya Sobat Pantau harus tau nih seluk beluk APBN Kita. Apasih APBN itu? 

1. Rencana Keuangan Negara 

Dikutip dari keterangan Badan Keuangan Fiskal (BKF), APBN adalah rencana keuangan tahunan Pemerintah yang disetujui oleh DPR. Berisi daftar sistematis dan terperinci yang memuat rencana pendapatan, belanja, dan pembiayaan negara selama 1 tahun anggaran. 

Baca juga: Diuji Banyak Musibah, Anggaran Bencana Masih Cukup?

2. Jadi Pedoman dan Alat Kontrol

APBN berfungsi sebagai pedoman bagi pemerintah dalam mengelola keuangan negara. Selain itu juga berfungsi sebagai alat kontrol masyarakat terkait rencana penggunaan anggaran dan realisasinya. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More