Forgot Password Register

Millenials Nggak Tahu APBN? Coba Cek Penjelasannya Pelan-pelan (Bagian II)

Millenials Nggak Tahu APBN? Coba Cek Penjelasannya Pelan-pelan (Bagian II) Pengesahan UU APBN 2019 (Foto: Kementerian Keuangan)

Pantau.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019  pada 31 Oktober lalu. 

Penerimaan negara 2019 ditargetkan total mencapai Rp2.165,1 triliun sementara total belanja negara sebesar Rp2.461,1 triliun.

Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang turut mengawal anggaran negara ini, tentunya Sobat Pantau harus tau nih seluk beluk APBN Kita. Apasih APBN itu? 

Baca juga: Ada 78 Perjanjian Dagang Usai TEI 2018, Indonesia Dapat Untung Apa?

3. Patokan Penggunaan Anggaran 

Manfaat APBN adalah untuk mengetahui arah, tujuan, dan prioritas pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan. Tentunya tujuan pembangunan ini adalah terkait upaya untuk mengurangi kemiskinan, memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan dan menyejahterakan Rakyat.

4. Disusun dengan Berbagai Instrumen

APBN 2019 disusun dengan mempertimbangkan berbagai hal yakni, kondisi ekonomi terkini, proyeksi ekonomi di tahun 2019, asumsi makro 2019, rencana pembangunan jangka menengah, dan arah kebijakan ekonomi 2019.

Baca juga: Diuji Banyak Musibah, Anggaran Bencana Masih Cukup?

5. Berisi Detail Perkiraan Belanja dan Pendapatan

APBN terdiri dari beberapa bagain pertama Target Pendapatan Negara yang berisi Penerimaan Pajak, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Hibah.

Kedua, Rencana belanja negara yang berisi seputar Belanja Pemerintah Pusat, Transfer ke Daerah dan Dana Desa. Kemudian Ketiga, Pembiayaan Negara.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More