Forgot Password Register

Millennials, Yakin Saldo e-Wallet Anda Tak Dibobol?

Millennials, Yakin Saldo e-Wallet Anda Tak Dibobol? Ilustrasi Dompet Digital (Foto:Pixabay)

Pantau.com - Saat ini pembayaran digital melalui aplikasi smartphone atau bisa kita sebut e-wallet semakin berkembang di Indonesia. Bahkan pembayaran memalui sistem digital itu seakan jadi kebutuhan baru dalam aktifitas sehari-hari, apalagi warga perkotaan dan generasi millennials.

Namun, seberapa aman penyimpanan uang di aplikasi ini ? 

Pengamat teknologi digital, Heru Sutadi menjelaskan, e-wallet tidak bisa menjamin keamanan 100%. Dalam hal ini, pemilik account atau pengguna juga harus ikut mengamankan. 

"Jangan isi saldo dengan jumlah yang besar. Ini untuk meminimalisir kalau terjadi pencurian digital tidak terlalu rugi," ujarnya kepada pantau.com, Selasa (15/5/2018).

Baca juga: Sukses di Ekonomi Kreatif, RI Berbagi Pengalaman ke Kolombia

Berbeda dengan sistem penyimpanan di mesin anjungan tunia mandiri (ATM), pengguna bisa real time melakukan penyecekan. Ia mengingatkan bahwa saldo di e-wallet tidak dikelola oleh pemilik akun, melainkan pihak ketiga. Sehingga pemilik harus sering melakukan pengecekan.


Menurutnya, e-wallet itu bukan berarti pengguna yang memegang uangnya, seperti dompet umumnya. Namun uang atau dompet dipegang oleh pihak lain yang harus dicek betul keamanannya.

Tak hanya e-wallet yang harus diperhatikan, pengguna juga harus memantau transaksi non tunai lain seperti debit dan kredit. Heru mengatakan, jangan sampai uang yang dikeluarkan tak sesuai dengan yang dilakukan.

"Transaksi dalam e-wallet itu bisa dicek setiap saat. Jadi jangan malah malas buat cek-cek," jelasnya. 

Baca juga: 'Travel Advice' Berpotensi Pengaruhi Pemasukan Sektor Pariwisata

Ia juga mengingatkan, jangan mudah percaya pada pihak yang kerap meminta pasword atau pin akun e-wallet. Secara peraturan, tidak ada pihak layanan mana pun yang meminta keterangan rahasia pemilik akun.

"Jangan mudah percaya dengan alasan untuk keamaan terus kalian percaya memberikan PIN ke pihak yang mengaku dari layanan e-wallet. Sekarangkan banyak," ungkapnya.

Perlu diketahui, saat ini perkembangan e-wallet di Indonesia yang sudah berkembang yakni,  Go-Pay dari Go-Jek, Line Pay di Line, T-Cash milik Telkomsel dan masih banyak lainnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More