Forgot Password Register

Modus Mengaku Petugas PLN, Seorang Petani Nekat Curi Ponsel di Jaksel

Modus Mengaku Petugas PLN, Seorang Petani Nekat Curi Ponsel di Jaksel Ilustrasi (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Seorang pria berinisial T harus berurusan dengan hukum lantaran terbukti mencuri harta benda milik orang lain. Dalam aksinya, pria yang merupakan seorang petani ini menggunakan modus dengan berpura-pura sebagai petugas Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Aksi pencurian terakhirnya dilakukan di salah satu rumah yang berada di Jalan H. Naim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Jumat (22/3/2019).

Baca juga: Jadi Korban Kejahatan Modus Gembos Ban, Dosen Kriminolog Kehilangan Belasan Juta

Kala itu, dengan bermodalkan ID Card (kartu tanda pengenal) petugas PLN, tersangka berpura-pura mengecek meteran listrik. Bahkan, kepada si pemilik rumah, tersangka menyebut bahwa ada kerusakan pada aliran listrik di rumah itu.

"Tersangka mengaku sudah beberapa kali beraksi. Modusnya tersangka bilang ada permasalahan di dalam dan dia perlu mengecek instalasi listrik didalam rumah," ucap Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Andi Sanjaya saat dikonfirmasi, Selasa (16/4/2019).

Pada saat si pemilik rumah lengah, barulah tersangka melancarkan aksinya dengan mencuri ponsel atau barang berharga lainnya. Namun setelah pelaku pergi dari rumah, korban baru menyadari dan juga melaporkan perihal kejadian tersebut.

"Kita tindak lanjuti laporan itu dan berhasil menangkap tersangka di wilayah Bekasi, Jawa Barat," kata Andi.

Baca juga: Polisi Ringkus 7 Pelaku Curanmor di Ambon

Usai ditangkap dan diperiksa, tersangka mengaku bahwa mendapat kartu tanda pengenal palsu itu dari seseorang yang berada di wilayah Cirebon. Dari keterangan tersangka, ia mengatakan, sosok yang memberikan kartu tanda pengenal itu telah meninggal.

"Tersangka kami jerat dengan Pasal 363 KUHP dengan sanksi pidana penjara selama 5 tahun," singkat Andi.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More