Pantau Flash
Gokil! Olimpiade Tokyo 2020 Perkenalkan Robot Canggih nan Futuristik
Sulitnya Klaim Asuransi Masuk 10 Besar Keluhan Konsumen Indonesia
4 Bocah Jadi Tewas Akibat Kebakaran Rumah di Kota Batu
Bukan Erick Thohir, Gojek Justru Tarik Boy Thohir untuk Isi Kursi Komisaris
Kemenpora-PASI Saring Atlet Berprestasi di ASG untuk SEA Games

Moeldoko: Pemerintah Kerja Luar Biasa, Dipatahkan Berita Hoax

Moeldoko: Pemerintah Kerja Luar Biasa, Dipatahkan Berita Hoax Ketua KSP Moeldoko (Foto: Pantau.com/ Rizky Adytia)

Pantau.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan kerja luar biasa yang dilakukan pemerintah selama hampir lima tahun terakhir selalu dipatahkan oleh hoax atau berita bohong dan fitnah yang sengaja dimunculkan terus-menerus.

"Pemerintah sudah bekerja luar biasa, tapi hanya dipatahkan dengan semburan berita yang tidak jelas, berita bohong, fitnah," kata Moeldoko dalam Rapat Koordinasi Bidang Kehumasan dan Hukum Seluruh Indonesia di Jakarta, Senin (12/2/2019).

Baca juga: Moeldoko: Jangan Sampai Jokowi Bernasib seperti Hillary Clinton

Moeldoko mengatakan berita bohong yang disemburkan secara konsisten menciptakan sebuah post-truth yakni kondisi dimana kebenaran seolah menjadi tidak penting lagi sehingga akhirnya pembenaran lah yang dikedepankan.

Dia mengatakan terdapat istilah firehouse of falsehood yang dilakukan dengan terus memunculkan berita bohong, untuk membangun rasa takut, sehingga menciptakan kondisi ketidakpastian dan keragu-raguan.

"Karena ini disemburkan terus-menerus dan konsisten, maka sebagian besar kita kehilangan logika dan menyatakan itu benar. Ini sungguh berbahaya," jelasnya.

Mantan Panglima TNI ini menekankan kondisi paradoks ini jika tidak dicermati dengan baik, maka kerja seluruh humas pemerintah akan sia-sia.

Baca juga: Moeldoko Ungkap Sesuatu Tentang Jokowi Jelang Debat Pilpres

"Teman-teman (kehumasan) bekerja siang malam menjadi tak ada maknanya. Presiden mendengar keluhan masyarakat tiap pagi, tapi dengan semburan berita bohong bertubi-tubi, musnah dan hilang," tegasnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Sigit Rilo Pambudi
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Category
Nasional

Berita Terkait: