Forgot Password Register

Mudik 2019, Penjualan Tiket Bus Turun Drastis!

Sejumlah pemudik membawa barang bawaan (Foto:Antara/Yulius Satria Wijaya) Sejumlah pemudik membawa barang bawaan (Foto:Antara/Yulius Satria Wijaya)

Pantau.com - Sejumlah penjual tiket bus di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, mengeluhkan menurunnya penjualan tiket pada musim mudik tahun ini.

"Tahun ini menurun penjualan tiketnya. Sekitar 25 persen dari tahun sebelumnya," ujar Kasiati, petugas penjual tiket bus Pahala Kencana, di Jakarta, Selasa (12/6/2018).

Jika pada 2017, rata-rata bus tujuan keberangkatan ke Madura sekitar tujuh unit, maka pada tahun ini hanya sekitar empat-lima bus per hari, dengan penumpang penuh 32 kursi.

Baca juga: Waspada! Viral Pegawai Bea Cukai Bongkar Penipuan Lelang Barang Sitaan

Harga tiket bus untuk tujuan Madura tersebut dipatok dengan harga Rp650.000 per orang pada musim mudik tahun ini. Pada hari normal, tiket tersebut dipatok dengan harga Rp400.000.

Selain itu, penjualan tiket konvensional juga dihadapkan dengan persaingan penjualan tiket bus melalui aplikasi.

Kasiati menjelaskan sebagian besar masyarakat lebih memilih membeli tiket melalui aplikasi karena lebih murah dibandingkan ke loket penjualan di terminal.

Terkait tarif, Kasubbag TU Terminal Pulo Gebang, M Taufik mengatakan harga tiket bus sudah mengalami kenaikan pada H-7 hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri. Setelah itu, harga tiket bus kembali normal seperti sedia kala.

Baca juga: Menguak Perang Bisnis Saudara yang Ciptakan Brand Mendunia

"Tarif angkutannya per kilo meter, batas atasnya Rp155 dan batas bawahnya Rp95. Misalnya dari sini ke Bandung sekitar 200 kilo meter, tinggal 200 dikali Rp95 berapa rupiah. Harga itu yang tidak boleh dibawah batas yang ditentukan. Itu yang harus disepakati pemilik bus bersama," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More