Forgot Password Register

Naik Pesawat Sendirian, Menkeu Australia Habiskan Dana Rp400 Juta

Naik Pesawat Sendirian, Menkeu Australia Habiskan Dana Rp400 Juta Senator Mathias Cormann yang sekarang menjadi Menteri Keuangan (Foto: ABC News/Matt Roberts)

Pantau.com - Menteri Keuangan Australia Mathias Cormann menaiki pesawat milik angkatan udara sendirian dan biaya perjalanan tersebut adalah $AAUD 37 ribu (sekitar Rp400 juta) hanya untuk terbang guna melakukan lobi bagi rencana pengurangan pajak pemerintah.

Perjalanan Senator Cormann Mathias Cormann adalah satu-satunya penumpang dalam penerbangan dari Canberra ke Perth lewat Adelaide

Dikutip ABC, Menteri tersebut ke Australia untuk melobi anggota parlemen dari partai lain mengenai rencana pengurangan pajak bisnis yang sekarang dibatalkan. Kantornya mengatakan ini masih sesuai aturan dimana pengguna fasilitas negara yang dibiayai pembayar pajak harus memiliki alasan kuat.

Baca juga: Waduh! Koper Berisi Uang Rp2,1 Miliar Milik Eks Presiden Zimbabwe Dicuri

ABC mendapat laporan bahwa tanggal 22 Juni lalu, sehari setelah parlemen Australia menyetujui pengurangan pajak pribadi bagi warga, Senator Cormann berada di Canberra di pagi hari dan memutuskan untuk mengunjungi ibukota Australia Selatan Adelaiide dalam perjalanan pulang ke konstituennya di Perth (Australia Barat).

Karena tidak tersedia penerbangan komersial untuk keperluan tersebut, Cormann kemudian meminta agar bisa menggunakan pesawat angkatan udara CL604 Challenger, dengan biaya 20 kali lipat lebih mahal dari penerbangan biasa.

Hal tersebut dilakukan agar dia bisa kembali ke Canberra dua hari kemudian. Juru bicara Senator Cormann mengatakan 'penggunaan pesawat khusus disetujui karena digunakan dengan benar guna memfasilitasi urusan resmi di Adelaide dari Canberra, sebelum ke Perth dalam masa persidangan selama dua minggu."

Baca juga: 5 Fakta Seorang Kim Jong Un, Musuh Bebuyutan Presiden Donald Trump

Pemerintah ketika itu memerlukan dukungan dari beberapa partai kecil bagi pengurangan pajak untuk bisnis.

Biaya $37 ribu adalah untuk bahan bakar, biaya pendaratan dan pengurusan di bandara bagi penerbangan ke Adelaide lalu ke Perth dan juga kembalinya pesawat tersebut ke Canberra.

ABC mendapat konfirmasi bawha Senator Cormann bertemu dengan dua senator dari Partai Centre Alliance Stirling Griff dan Rex Patrick di Adelaide, namun tidak bertemu dengan Senator Independen Australia Selatan, Tim Storer.

Ketiganya menentang rencana pemerintah mengurangi pajak bagi kalangan bisnis.

Senator Griff mengatakan ada manfaat bagi pertemuan empat mata dengan Senator Cormann, walau tidak ada urgensi dari sisi waktu karena mereka juga bertemu di Parlemen di Canberra tiga hari kemudian.

Baca juga: Malu Bertanya, Sesat di Jalan! Pria Ini 'Hilang Arah' 10 Hari di Singapura

"Ini bukan pertemuan atas inisiatif kami, ini adalah pertemuan yang ingin dilakukan Menteri guna membicarakan usulan pemerintah." katanya.

"Pertemuan bisa berlangsung hari itu, bisa juga terjadi keesokan harinya, atau bisa terjadi tiga atau empat hari kemudian."

"Saya tidak merasa bahwa penting sekali untuk bisa bertemu hari itu."

Kantor Senator Cormann menolak memberikan rincian mengenai pertemuan atau acara lain yang dihadiri menteri keuangan tersebut di Adelaide.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More