Pantau Flash
Tottenham Tunjuk Mourinho Gantikan Pochettino
Dishub Jaktim Berlakukan OTT Mobil dan Motor yang Masuk Jalur Sepeda
10 Anak di Bawah Umur Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Hebat di Australia
Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Meksiko
Harga Minyak Tersungkur di Tengah Kekhawatiran Global Semakin Meningkat

Deretan Negara di Wilayah Selatan Amerika, Brasil Sang Ketua

Deretan Negara di Wilayah Selatan Amerika, Brasil Sang Ketua Ilustrasi Amerika Selatan. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Negara di sebelah selatan Amerika berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik yang tersambung dengan Amerika Utara melalui Tanah Genting Panama. Tak hanya itu, benua ini juga dilintasi oleh garis khatulistiwa, dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di belahan bumi selatan. Kemudian Bagian barat benua Amerika Selatan terdiri dari barisan pegunungan Andes dari utara hingga ke selatan. Sedangkan bagian timur benua merupakan dataran rendah sebagian besar merupakan basin sungai Amazon, dengan hutan tropis yang lebat.

Berikut Deretan Negara di Sebelah Selatan Amerika

1. Argentina

argentina

Peta Argentina. (via wikipedia)

Republik Argentina (bahasa Spanyol: República Argentina), lebih dikenal sebagai Argentina, merupakan negara Amerika Latin terbesar kedua dan negara berbahasa Spanyol terbesar di dunia. Argentina terletak di bagian selatan benua Amerika Selatan.

2. Bolivia

bolivia

Peta Bolivia. (via wikipedia)

Secara resminya Negara Plurinasional Bolivia (bahasa Spanyol: Estado Plurinacional de Bolivia), adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang berbatasan dengan Brasil di sebelah utara dan timur, Paraguay dan Argentina di selatan, serta Chili dan Peru di barat.

Di antara negara-negara di Amerika Selatan, wilayah Bolivia merupakan yang tertinggi dan terpencil. Negara ini adalah salah satu penghasil koka dan timah terbesar di dunia.

3. Brasil

brazil

Peta Brasil. (via wikipedia)

Brasil adalah negara paling besar dan paling banyak penduduknya mencapai 204.5 juta jiwa pada tahun 2017 di Amerika Selatan. Negara ini merupakan negara paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik.

Baca juga: 5 Benua Terbesar di Dunia, Asia Duduki Posisi Puncak

4. Chile

chile

Peta Chile. (via wikipedia)

Chile merupakan sebuah negara berdaulat di Benua Amerika, terletak di bagian tenggara Amerika Selatan, dengan ibu kota dan pusat pemerintahan di Kota Santiago.

5. Ekuador

ekuador

Peta Ekuador. (via wikipedia)

Republik Ekuador adalah sebuah negara di Amerika Selatan bagian barat laut, berbatasan dengan Kolombia di utara, dengan Peru di timur dan selatan, dan dengan Samudra Pasifik di barat. Negara ini juga termasuk Kepulauan Galapagos di Pasifik, sekitar 965 km sebelah barat pulau utama. 

6. Guyana

guyana

Peta Guyana. (via wikipedia)

Republik Kooperatif Guyana, dahulu bernama Guyana Britania, adalah sebuah negara di pesisir utara Amerika Selatan. Guyana merupakan satu-satunya negara di kawasan itu yang menetapkan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya. 

7. Kolombia

kolombia

Peta Kolombia. (via wikipedia)

Kolombia ialah sebuah negara di barat laut Amerika Selatan yang hutannya lebat. Sekitar 72 persen merupakan kawasan hutan. 

8. Paraguay

paraguay

Peta Paraguay. (via wikipedia)

Paraguayadalah sebuah negara di Selatan Amerika yang terkurung daratan dan berada di dua sisi Sungai Paraguay. Paraguay berbatasan dengan Argentina di sebelah selatan dan barat daya, Brasil di timur laut dan timur dan Bolivia di barat daya.

Baca juga: Negara Terluas di Asia Tenggara, Dipuncaki Indonesia Ditutup Singapura

9. Peru

peru

Peta Peru. (via wikipedia)

Peru adalah sebuah negara di Amerika Selatan bagian barat, berbatasan dengan Ekuador dan Kolombia di utara, Brasil di timur, Bolivia di timur, tenggara, dan selatan, Chili di selatan, dan Samudra Pasifik di barat.

10. Suriname

suriname

Peta Suriname. (via wikipedia)

Suriname (Surinam), dulu bernama Guyana Belanda atau Guiana Belanda adalah sebuah negara di Amerika Selatan dan merupakan bekas jajahan Belanda. 

11. Uruguay

uruguay

Peta Uruguay. (via wikipedia)

Uruguay adalah sebuah negara kecil di Selatan Amerika. Negara ini berbatasan dengan Brasil di utara, Sungai Uruguay di barat, muara Río de la Plata (River Plate) di barat daya, dengan Argentina di tepi seberang keduanya, dan Samudra Atlantik Selatan di tenggara. Uruguay adalah rumah bagi sekitar 3,5 juta orang, di antaranya 1,8 juta tinggal di ibu kota Montevideo dan daerah metropolitannya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: