Forgot Password Register

Headlines

Nekat Suap Anggota PBB, Miliarder China Divonis Hukuman Penjara

Nekat Suap Anggota PBB, Miliarder China Divonis Hukuman Penjara Ilustrasi Korupsi. (Pantau.com Fery Heryadi)

Pantau.com - Miliader pengembang perumahan Makau, Ng Lap Seng, dijatuhi hukuman empat tahun penjara setelah dinyatakan bersalah karena menyuap dua duta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam proyek miliaran dolar.

Mereka adalah mantan wakil duta besar dari Republik Dominika Francis Lorenzo dan John Ashe, mantan presiden Majelis Umum PBB dan duta besar dari Antigua dan Barbuda.

Ng Lap Seng (69) dijatuhi hukuman di pengadilan federal Manhattan oleh Hakim Distrik Amerika Serikat Vernon Broderick. Seng juga diwajibkan membayar denda USD1,5 juta untuk mewakili aset yang digunakan dalam kejahatannya, dan membayar denda pidana USD1 juta.

Baca juga: Temukan Driver Taksi Online Pembunuh Pramugari Lucky Air, Ada Mahar Rp2,15 M

Broderick menolak permintaan pengacara Ng untuk membebaskan Seng dengan jaminan

Ng telah berada di bawah tahanan rumah di sebuah apartemen Manhattan tidak lama setelah penangkapannya pada 2015. Dia dinyatakan bersalah oleh juri pengadil. Selain melakukan suap, Seng juga dituduh melakukan praktik pencucian uang.

Baca juga: Italia Tangkap Anggota Teroris Keturunan Suriah dan Maroko

Jaksa mengatakan, selama empat minggu persidangan, Seng mengaku telah membayar dua anggota PBB tersebut.

Sementara, Lorenzo mengaku bersalah atas penyuapan dan pencucian uang, dan dia bersaksi melawan Ng Lap Seng di persidangan setelah setuju untuk bekerja sama dengan jaksa. Ashe juga dijatuhi hukuman pidana tetapi meninggal pada Juni 2016 setelah menjatuhkan barbel di lehernya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More