Forgot Password Register

Nicolas Maduro Resmi Menjabat Lagi sebagai Presiden Venezuela

Nicolas Maduro Resmi Menjabat Lagi sebagai Presiden Venezuela Upacara pengambilan sumpah Nicolas Maduro sebagai Presiden Venezuela untuk kedua kalinya. (Foto: Reuters/Carlos Garcia Rawlins)

Pantau.com - Presiden Venezuela Nicolas Maduro kembali disumpah pada Kamis, (10 Januari 2019) untuk kedua kalinya dalam periode 2019-2025, menurut siaran langsung televisi lokal.

Upacara peresmian berlangsung di gedung Pengadilan Tinggi Negara sebagai oposisi yang mengendalikan parlemen. Majelis Nasional telah dikecualikan dari partisipasi dalam kehidupan politik di Venezuela.

Pasal 231 Konstitusi Venezuela memungkinkan upacara untuk mengambil tempat di Mahkamah jika kepala negara tidak bisa mengambil sumpah sebelum parlemen, seperti dilansir Sputnik, Jumat (11/1/2019).

Baca juga: Maduro Tuduh Ketua Majelis Nasional Venezuela Bersekongkol dengan Intelijen AS

Meski demikian, Maduro telah menghadapi berbagai kritik dari sejumlah negara bagian. Setelah kembalinya Maduro pada pemilihan bulan Mei lalu, beberapa negara mengklaim bahwa hasil pemilu itu tidak sah.

Sebelumnya, juru bicara Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini mengatakan bahwa Uni Eropa dan negara-negara anggota tidak akan pengirim perwakilan dalam upacara peresmian kedua Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Baca juga: Sejak Dipimpin Maduro, 4 Juta Warga Venezuela Melarikan Diri

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengutuk pengambilan sumpah Nicolas Maduro sebagai presiden dan menyebutnya hal tersebut tidak sah dan merupakan perebutan kekuasaan.

"Amerika Serikat mengutuk perampasan kekuasaan oleh Maduro setelah pemilihan umum yang tidak sah dan tidak adil pada rakyat Venezuela pada 20 Mei 2008," kata Pompeo, menyusul dengan upacara sumpah Maduro.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More