Pantau Flash
BI Prediksi Turis Muslim Akan Capai 158 Juta Orang Tahun Depan
Utang Luar Negeri Indonesia Menjadi 395,6 Miliar Dolar AS
Tol Terpeka Digratiskan Selama Sebulan
Tol Terpeka Diklaim Jadi Jalur Produktif Pulau Sumatera-Jawa
Rupiah Menguat 20 Poin, Kini di Angka Rp14.058-14.120

Panglima TNI Ziarah ke Makam Soeharto untuk Lanjutkan Tradisi

Panglima TNI Ziarah ke Makam Soeharto untuk Lanjutkan Tradisi Panglima Hadi ziarah ke makam Soeharto (Foto: Antara)

Pantau.com - Sebagai rangkaian peringatan HUT TNI ke-74, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan ziarah ke makam Presiden ke-2 RI Soeharto di Astana Giribangun Metesih Kabupaten Kranganyar, Jawa Tengah, Kamis siang (19/9/2019).

Dalam ziarah ini, Panglima didampingi para petinggi TNI, antara lain Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Aji, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, KSAD diwakili oleh Aster KSAD Mayjen TNI Bakti Agus Fajari, Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Pangdam IV/Doponegoro Mayjen TNI Mochammad Effendi, dan bersama jajarannya.

Baca Juga: Panglima TNI Hadiri Fire Power Demo 2019 dengan Sandi Dharma Yudha

Panglima setibanya di Makam Astana Giribangun langsung memimpin upacara ziarah yang diawali dengan memberikan karangan bunga di ruangan makam Soeharto dan Ibu Tien Soeharto. Acara dilanjutkan memberikan penghormatan dan doa bersama.

Pada acara ziarah ke makam Presiden kedua RI Soeharto diakhiri dengan tabur bunga yang diawali oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kemudian diikuti para petinggi TNI dan kemudian para istri petinggi TNI yang ikut bersama rombongan.

Kepala Penerangan Korem 074 Warastratama Mayor Inf Mantang mengatakan, kegiatan Panglima Hadi bersama para petinggi TNI di makam Presiden kedua RI Soeharto ini sengaja dilakukan dalam rangka peringatan HUT ke-74 TNI.

Di sisi lain juga menurutnya, kegiatan zizrah ini untuk mengenang jasa-jasa Soeharto sebagai Presiden kedua RI. Kegiatan ziarah ke makam Presiden yang telah gugur ini dilakukan, setelah sebelumnya dilaksanakan di makam Presiden pertama Soekarno di Blitar, Presiden keempat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang Jatim.

Baca Juga: 750 Anggota TNI Dikirim ke Perbatasan Indonesia-Timor Leste, Ada Apa?

Adapun setelah melakukan ziarah, Panglima langsung menuju Taman Makam Pahlawan Nasional Kusuma Negara Yogyakarta atau tempat makam Jenderal Besar Soedirman.

Untuk diketahui kegiatan ziarah ke makam para tokoh bangsa ini, sudah dilaksanakan sejak kepemimpinan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan kini Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, melaksanakan sudah yang kedua kalinya. Hal ini, sudah menjadi tradisi dalam rangka HUT TNI. 

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Bagaskara Isdiansyah
Penulis
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: