Forgot Password Register

Pantau Grafis: 20 Tahun Mengorbit, Ini 5 Fakta Mengejutkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)

Pantau Grafis: 20 Tahun Mengorbit, Ini 5 Fakta Mengejutkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) (Ilustrasi: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - 20 November 1998 merupakan hari bersejarah bagi dunia antariksa. Untuk pertama kali dalam sejarah, modul Zorya diluncurkan oleh roket Proton milik Rusia sebagai bagian pertama dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang mengorbit bumi.

ISS bisa dibilang merupakan proyek ambisius dan termahal dalam sejarah umat manusia. Proyek ini tercipta atas gagasan negara-negara maju di dunia. Belgia, Denmark, Prancis, Jerman, Jepang, Kanada, Amerika Serikat (AS) dan Rusia adalah para negara yang menggagas proyek ini.

Salah satu fakta menarik dari proyek tercanggih yang pernah dibuat manusia ini ialah kolaborasi antara AS dan Rusia. Untuk pertama kalinya, kedua negara adidaya itu melakukan kerja sama di bidang antariksa setelah sempat terlibat perang dingin sejak tahun 1947.

Salah satu sektor yang juga terbawa dalam egoisme perang dingin antara AS dan Rusia adalah bidang antariksa. Saat itu, AS dan Uni Soviet sedang berpacu sebagai badan antariksa pertama yang mampu mengirim manusia ke bulan. Hingga pada akhirnya, AS memenangkan perlombaan ke bulan tersebut.

Selain kerja sama antara AS dan Rusia, lalu seperti apa fakta-fakta mengejutkan lain mengenai ISS?


Infografis fakta-fakta Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) (Infografis: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Share :
Komentar :

Terkait

Read More