Forgot Password Register

Pantau Grafis: Data dan Fakta Sirkuit Le Mans yang Begitu Menantang

Pantau Grafis: Data dan Fakta Sirkuit Le Mans yang Begitu Menantang Le Mans. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Sirkuit Le Mans bukanlah sebuah sirkuit sembarangan, mengingat sudah 49 tahun trek ini masuk dalam kalender balapan. Selain MotoGP, lintasan kebanggaan warga Prancis ini juga menjadi arena WSBK, dan juga Formula One.

Memiliki panjang 4,2 kilometer, sikruit ini dibuat pada 1965. Sirkuit ini berada di selatan kota Le Mans dan 200 km di tenggara Paris. Le Mans sudah menjadi tuan rumah MotoGP sejak akhir 1969.

Sayangnya, kecelakaan pembalap Spanyol, Alberto Puig, membuat Le Mans dihapus dari kalender balapan pada tahun 1996 dan 1997 hingga dialihkan ke Le Castellet.

Sirkuit ini mampu menampung 100 ribu penonton, memiliki tikungan yang begitu unik saat mengitari tikungan pertama. Tikungan ke kanan tersebut, para pembalap dipaksa melakukan pengereman lambat hingga memaksa rider melakukan akselerasi yang baik.

Tantangan bukan hanya di tikungan pertama. Namun Le Mans juga memiliki belokan yang membuat para pembalap memperlambat kuda besinya saat melewati tikungan enam dan tujuh.

Kini para pembalap dapat merasakan aspal baru di Le Mans. Namun tetap saja tantangan tetap ada seperti penggunaan ban.

Dalam catatannya, legenda balap asal Italia, Giacomo Agostini masih memgang rekor kemenangan sebanyak tujuh kali. Kemudian diikuti rider Ducati Corse, Jorge Lorenzo yang sudah mengoleksi lima kemenangan di ajang MotoGP.

Infografis  Profil Sirkuit Le Mans:


Share :
Komentar :

Terkait

Read More