Forgot Password Register

Pantau Grafis: Di Balik Tagar Kosongkan GBK dan Kemenangan Indonesia atas Timor Leste

Pantau Grafis: Di Balik Tagar Kosongkan GBK dan Kemenangan Indonesia atas Timor Leste Ilustrasi Kosongkan GBK (Ilustrasi: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Timnas Indonesia berhasil menuntaskan perlawanan tim tamu Timor Leste dalam matchday kedua Piala AFF 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). Indonesia berhasil menang 3-1 berkat gol Alfath Faathier, Stefano Lilipaly, dan Beto Goncalves.

Sebelum pertandingan antara timnas Indonesia dan timnas Timor Leste berlangsung, netizen sempat dihebohkan oleh tagar #KosongkanGBK yang menjadi trending topic di Twitter. Tagar tersebut muncul sekitar 4 jam sebelum pertandingan dimulai sekitar pukul 19.00 WIB.

Lalu apa sebenarnya makna di balik tagar #KosongkanGBK tersebut? Munculnya tagar ini dianggap sebagai bentuk protes masyarakat Indonesia terhadap performa buruk timnas yang kalah 0-1 dari Singapura di pertandingan pertama Piala AFF 2018. 

Selain itu, masyarakat Indonesia yang dikenal loyal dalam mendukung timnas Indonesia saat bertanding juga ingin menyampaikan kritik terhadap federasi sepak bola Indonesia yakni PSSI karena tidak menghentikan Liga 1 walau Tim Merah Putih bermain.

Adanya tagar #KosongkanGBK ini pun nampak membawa dampak yang cukup besar. Hingga beberapa jam sebelum pertandingan timnas Indonesia vs timnas Timor Leste dimulai, tiket yang terjual hanya 13 ribu saja. Angka ini cukup jauh dari tiket yang disediakan PSSI yaitu sebanyak 65 ribu.

Namun pada akhirnya, adanya tagar #KosongkanGBK tak membuat skuat asuhan Bima Sakti melembek. Walau sempat ketinggalan skor di babak pertama, Tim Garuda berhasil comeback dan akhirnya memenangkan pertandingan.


Infografis di balik tagar kosongkan GBK (Infografis: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Share :
Komentar :

Terkait

Read More