Forgot Password Register

Pantau Grafis: Musik Reggae, dari Jamaika untuk Dunia

Pantau Grafis: Musik Reggae, dari Jamaika untuk Dunia Musik reggae (Ilustrasi: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) milik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) baru-baru ini menetapkan musik reggae sebagai warisan budaya dunia yang wajib dijaga bersama.

Penetapan musik reggae sebagai warisan budaya tak lepas dari perjuangan dan gerakan moral yang dianggap konsisten dalam memperjuangkan suara keadilan. Sejak lahir, musik yang berasal dari Kingston, Jamaika, di tahun 1960-an ini memang selalu mengusung pesan 'one love' untuk kebersamaan dan perdamaian.

UNESCO menyatakan bahwa sejak lahir reggae selalu konsisten memperjuangkan suara dari kaum marjinal atau yang terpinggirkan. Musik tersebut pun kini telah mewabah ke seluruh penjuru dunia dan menjadi suara masyarakat tanpa pandang kelas dan latar belakang.

"Musik reggae telah berkontribusi secara internasional, mewakili isu-isu tentang ketidakadilan, perlawanan, cinta, dan kemanusiaan. Secara Umum, reggae menjadi bentuk perayaan dinamis, baik dari sudut sosial, politik, dan spiritual," kata UNESCO dilansir dari AFP.

Ikon Musik Reggae Dunia

Berbicara tentang reggae tentu tak bisa dipisahkan dari nama Bob Marley. Seorang legenda yang telah menjadi ikon musik reggae ini memang berjasa besar bagi perkembangan musik asli Jamaika tersebut.

Gaya rambut gimbal Bob Marley pun sudah menjadi trendsetter bagi musisi-musisi reggae di dunia. Berkat kontribusinya di perkembangan musik reggae, Bob Marley dianugerahi penghargaan Rock and Roll Hall of Fame dan a Grammy Lifetime Achievement Award.

Karya-karya Bob Marley pun hingga kini masih terus diperdengarkan di berbagai penjuru dunia. Hal itu sudah cukup menjadi bukti bahwa musik yang lahir di Jamaika ini telah membawa perubahan yang positif bagi dunia.



Infografis musik reggae ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO (Infografis: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Share :
Komentar :

Terkait

Read More