Forgot Password Register

Headlines

Pantau Sorot: 5 Kasus Penembakan di Tanah Papua yang Didalangi KKSB

Pantau Sorot: 5 Kasus Penembakan di Tanah Papua yang Didalangi KKSB Ilustrasi penembakan. (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Masyarakat Indonesia saat ini dikejutkan dengan insiden penembakan di Provinsi Papua terhadap sejumlah pekerja yang tengah membangun proyek jembatan. Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) pada Minggu, 2 Desember 2018, menyerang dan membunuh para pekerja yang sedang mengerjakan pembangunan jembatan di Kali Yigi dan Aurak, Kabupaten Nduga, Papua.

Mayjen TNI Sembiring mengatakan evakuasi tengah dilakukan dengan mengerahkan pasukan baik dari darat maupun udara yang dibantu helikopter di lokasi kejadian.

Di Papua, kasus penembakan yang dilakukan oleh KKSB seperti ini tidak hanya terjadi sekali dua kali saja, berikut beberapa peristiwa penembakan di Papua yang dirangkum oleh Pantau.com: 

1. Penembakan 31 pekerja 

Kepolisian Daerah Papua mengonfirmasi sebanyak 31 pekerja PT Istaka Karya (Persero) tewas dibunuh dalam peristiwa penembakan. Para pekerja dibunuh saat tengah mengerjakan proyek jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak, Kabupaten Nduga.

Menurut keterangan Polda Papua, 24 pekerja telah dibunuh di tempat, sementara 8 pekerja lainnya melarikan diri ke rumah seorang anggota DPRD namun delapan orang tersebut dijemput oleh kelompok bersenjata. Tujuh di antaranya dibunuh dan satu orang melarikan diri yang saat ini beklum ditemukan.

Dari hasil penyelidikan sementara, insiden penembakan sejumlah karyawan itu bukanlah lantaran KKB Nduga pimpinan Egianus Kogoyo tidak terima setelah salah satu pekerja jembatan mengambil foto Upacara Peringatan HUT OPM pada 1 Desember 2018 lalu.

Baca juga: TNI dan Polri Dikerahkan untuk Evakuasi Korban Penembakan KKB di Papua

2. Penembakan Anggota TNI

Anggota TNI Pratu SN tewas ditembak orang tak dikenal di Pasar Sinak, Kabupaten Puncak, Papua pada Senin,12 Febuari 2018. Serangan terjadi saat SN bersama rekan-rekannya ke pasar untuk membeli beberapa kebutuhan pokok, namun SN terpisah dari rekannya. SN ditodong dan ditembak para pelaku dengan menggunakan senjata api dan tewas di lokasi kejadian. TNI menduga para pelaku merupakan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB). Selain membawa senjata api, para pelaku juga terlihat membawa golok, bahkan senjata api milik korban ikut diambil pelaku.

3. Penembakan warga sipil

Yanmar (42) yang berprofesi sebagai tukang ojek ditembak mati oleh Kelompok KriminalSeparatis Bersenjata (KKSB) saat tengah membawa penumpang di Kampung Popome, Distrik Mokoni, Kabupaten Lanny Jaya, Papua pada 2 November 2018. Penembakan terhadap tukang ojek terungkap setelah warga melaporkan melihat mayat terkapar di pinggir jalan. Kabid Humas Polda Papua mengatakan bahwa penembakan tersebut dilakukan oleh KKSB karena dari laporan yang diterima terungkap sejak dua hari terakhir melihat anggota KKSB berada di Kampung Popome.

Baca juga: Pasukan Gabungan TNI-Polri Lanjutkan Evakuasi Korban Penembakan KKSB Papua

4. Penembakan Dua personel Polres Puncak Jaya

Dua personel Polres Puncak Jaya ditembak Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Jalan Sosial Distrik Pagaleme Kabupaten Puncak Jaya, Kamis, 2 Agustus 2018. Peristiwa tersebut terjadi pukul 17.30 WIT.

Peristiwa bermula saat Bripka Abraham Balagaise dan Briptu Ronaldus Abar dari tempat tinggalnya menuju Mapolres Puncak Jaya menggunakan sepeda motor. Dalam perjalanan keduanya ditembak KKSB dari sebelah kiri jalan. Akibat kejadian tersebut, Bripka Abraham Balagaise mengalami luka tembak pada paha sebelah kiri dan pada tangan bagian lengan sebelah kiri. Sementara Briptu Ronaldus Abar mengalami luka tembak pada tangan bagian lengan sebelah kiri.

5. Penembakan saat Hari Kemerdekaan

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) Papua melancarkan teror penembakan di tengah peringatan HUT RI ke 73 tahun 2017. Peristiwa tersebut menyebabkan sopik truk bernama Jansen Goga Ranteborong mengalami luka tembak di tangan. Aksi penembakan terjadi di Area Mile 65 atau sekitar 200 meter dari check point 66 terhadap kendaraan tersebut.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More