Forgot Password Register

Pantau Video: Ini Alasan Kipas Angin Membuat Tidur Menjadi Nyenyak

Pantau Video: Ini Alasan Kipas Angin Membuat Tidur Menjadi Nyenyak Kipas angin yang selalu menemani tidurmu. (Foto: Pixabay)


Pantau.com - Bagi beberapa orang, tidur pakai kipas angin adalah sebuah keharusan. Orang dengan kebiasan ini menganggap bahwa sebuah mesin kipas angin yang berputar dengan kecepatan penuh di samping tempat tidur dapat membantu mereka tidur lebih nyenyak.

Lantas bagaimana jika tidak ada kipas angin?

Baca Juga: Pantau Video: Awas! Ini Bahayanya Makan Kol Goreng

Kelsey Allan, seorang ahli tidur dari perusahaan matras Sleep Train mengatakan bahwa orang-orang yang terbiasa tidur pakai kipas angin menikmati sensasi yang disebut white noise. Sama seperti cahaya putih yang mencakup semua warna pada sepktrum, white noise mencakup pada semua frekuensi suara dalam pendengaran manusia.

Sejatinya white noise tidak hanya dihasilkan lewat listrik. Suara lain seperti jangkrik dan hujan lebat juga dapat menghasilkan efek serupa. Efek ini pada akhirnya memberikan kenyamanan pada manusia yang membantu mereka terlelap tidur.

Baca Juga: Pantau Video: Dosen Ini Bikin Takjub Mahasiswa, Lihat Apa yang Dilakukannya

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Psychological Association menyatakan bahwa suara mesin kipas angin dapat membantu orang untuk terlelap tidur karena hal tersebut dipengaruhi oleh sleep spindle dalam otak. Sleep spindle merupakan lonjakan aktivitas saraf yang muncul selama tidur REM dan akan terus terjadi secara statis setiap malam.

Baca Juga: Pantau Video: Bedah Baju Balap Moto GP, Ternyata Ada Ini di Dalamnya

Penelitian lain yang dimuat dalam jurnal Current Biology menyatakan bahwa orang-orang yang mengalami sleep spindle cenderung memiliki kemampuan untuk meredam suara bising yang lebih baik dibanding yang tidak pernah mengalami sleep spindle.

Kemampuan ini dipengaruhi oleh talamus, yaitu bagian otak yang berfungsi untuk menyampaikan sinyal sensoris dan motorik yang berhubungan dengan kesadaran, tidur, dan kewaspadaan. Talamus akan meredam suara-suara yang mengganggu sehingga seseorang tidak akan terbangun dari tidurnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More