Forgot Password Register

Headlines

Pariwisata dan Digital Tetap Jadi Primadona Indonesia

Pariwisata dan Digital Tetap Jadi Primadona Indonesia Lokasi gelaran IMF-WB 2018 di Bali (Foto: Pantau.com/Nani Suherni)

Pantau.com - Badan Perencanaan Peambangunan Nasional (Bappenas)/Kementerian PPN menilai salah satu industri yang harus digarap dengan serius yakni sektor Pariwisata.

Sebab, industri pariwisata adalah salah industri dengan potensi terbesar di Indonesia, baik penyediaan lapangan kerja ataupun peningkatan nilai tambah dan devisa.

Bappenas menyebutkan, untuk mengembangkan industri pariwisata di era revolusi industri 4.0 dan menarik wisatawan mancanegara lebih banyak, Indonesia harus mengoptimalkan penggunaan teknologi digital.

Baca juga: Bisnis (Nyaris) Bangkrut, Marvel Diselamatkan 'Superheronya'

"Pariwisata dan digital ekonomi bagaimanapun ini yang akan mewarnai sektor jasa kedepan, sudah (sektor) keuangan dan trasnportasi, tapi pariwisata dan digital ini harus kita seriuskan  kan agar Indonesia punya keunggulan, jangan sampai pariwisata hanya mengikuti," ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, di Gedung Bappenas, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018).

Bappenas mencatat, jika dibandingkan dengan negara peers, jumlah wisatawan mancanegara yang masuk Indonesia masih relatif rendah. Meski memiliki keindahan alam yang begitu banyak, pangsa kunjungan wisatawan mancanegara lndonesia baru 11,7 persen dari total wisatawan mancanegara di ASEAN.

Baca juga: Suku Bunga Naik, Beli Rumah Makin Susah?

"Kalau melihat kurva, (kita) linier, sekedar tambahan, kita inginnya pertumbuhan pariwisata ini ekplorensial, kalau liat tambah memang nambah namun masih linier," paparnya.

Untuk diketahui, Survei World Bank (2018) menunjukkan 44 persen wisatawan menggunakan platform Tripadvisor, 22 persen menggunakan konten media sosial, dan 26 persen menggunakan situs panduan wisata untuk memutuskan tujuan wisata.

Peran teknologi digital dalam industri pariwisata juga ditunjukkan dengan peningkatan yang signifikan jumlah wisatawan yang menggunakan aplikasi Airbnb untuk tempat menginap selama berwisata

Share :
Komentar :

Terkait

Read More