Forgot Password Register

Pejabat Korut dan AS Sambangi Singapura, Pertemuan Kim-Trump Akan Terjadi?

Pejabat Korut dan AS Sambangi Singapura, Pertemuan Kim-Trump Akan Terjadi? Kim Jong Un dan Donald Trump. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Seorang pembantu tinggi pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba di Singapura. Kedatangan tersebut merupakan indikasi jika pertemuan puncak Kim Jong Un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mungkin akan berlangsung.

Dikutip Pantau.com dari Reuters, Rabu (30/5/2018), Kepala staf de facto Kim, Kim Chang Son terbang ke Singapura melalui Beijing. Pada saat bersamaan, sebuah tim yang beranggota para pejabat AS, termasuk deputi kepala staf operasi Gedung Putih Joe Higin, meninggalkan Pangkalan Udara Yokota AS di Jepang menuju Singapura.

Baca juga: Bahas Pertemuan dengan Kim, Trump Telepon PM Jepang

Putih mengatakan sebuah tim "pra pendahuluan" berangkat ke Singapura untuk bertemu dengan pihak Korea Utara.

Pertemuan puncak bersejarah itu, semula dijadwalkan pada 12 Juni namun Trump membatalkan lantaran menganggap Korea masih bertindak keras. Namun sehari setelahnya, suami Melania Trump itu mengaku akan mempetimbangkan kembai perteuan pasca Korea Utara mengaku masih menunggu komunikasi selanjutnya.

Ketika Kim Chang Son ditanya oleh seorang wartawan di bandar udara Beijing apakah ia akan ke Singapura untuk mengadakan pembicaraan dengan AS, ia mengatakan dirinya akan ke sana hanya untuk bermain. 

Baca juga: Foto Anak Migran Dikurung Dalam Kandang Zaman Pemerintahan Obama Jadi Viral

Sementara itu, Kim Yong Chol, seorang pejabat senior Korut yang menangani urusan antar-Korea dijadwalkan terbang ke AS pada Rabu setelah berbicara dengan para pejabat Tiongkok di Beijing.

Sebelumnya, Donald Trump juga dikabarkan telah menelepon Perdana Menteri Jepang Sinzhio Abe guna membicarakan kelanjutan pertemuan bersejaran terkait denuklirisasi di Semanjung Korea.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More