Forgot Password Register

Headlines

Pelibatan TNI Tangani Terorisme Dipastikan Tidak Tumpang Tindih dengan Polri

Kepala Bidang Pembinaan Hukum dan Nasional (BPHN) kemnkumHAM Enny Nurbaningsih Kepala Bidang Pembinaan Hukum dan Nasional (BPHN) kemnkumHAM Enny Nurbaningsih

Pantau.com - Kepala Bidang Pembinaan Hukum dan Nasional (BPHN) kemnkumHAM Enny Nurbaningsih memastikan pelibatan TNI dalam penindakkan aksi terorisme tidak akan ada tumpang tindih dengan penindakkan Polri di lapangan.

Hal ini lantaran, keterlibatan TNI secara jelas diatur dalam pasal 43 C yang secara jelas diatur melalui Peraturan Presiden (Perpres).

"Yang terkait dengan pelibatan TNI tetap seperti pasal 43 C, jadi kami tidak mengubah pasal itu, itu sudah sepakati semua, sehingga tidak ada problem lagi tinggal melaksanakan saja dalam bentuk Perpres. Jadi enggak ada permasalahan tentang itu," kata Enny di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, (24/5/2018).

Baca juga: BNPT: Waspadai Ancaman Teror dari Marawi!

Perpres sendiri terus diupayakan untuk cepat selesai, agar mekanisme TNI di lapangan nantinya jelas. 

"Perpresnya kan belom jadi ya. Sedang dalam proses awal mendrafting dari teman-teman yang ada di Kemenhan (Kementerian Pertahanan), termasuk dari TNI," jelasnya.

Dalam Perpres itu nantinya akan menjelaskan secara lengkap dan detail bagaimana keterlibatan TNI dalam tindak terorisme agar tidak bentrok dengan polisi.

"Perpres itu menerjemahkan sekali lagi, bagaimana bentuk operasi militer selain perang (OMSP). Itu saja intinya, khusus untuk mengatasi aksi terorisme," tuturnya.

"Nanti disitulah akan dilihat bisa jadi dari sisi leveling-nya, bisa dari sisi tingkat ancamannya, lokasinya, kewilayahan dan seterusnya," tambahnya. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More