Forgot Password Register

Pembicaraan Netanyahu-Putin Setelah AS Mundur dari Perjanjian Nuklir Iran

Vladimir Putin dan Benjamin Netanyahu. (Foto: Reuters/Maxim Shipenkov) Vladimir Putin dan Benjamin Netanyahu. (Foto: Reuters/Maxim Shipenkov)

Pantau.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu langsung menuju Rusia setelah keputusan Donald Trump mundur dari kesepakatan nuklir dengan Iran yang telah ada sejak 2015 lalu.

Netanyahu dan Putin telah mengadakan serangkaian pertemuan dan percakapan telepon dalam beberapa bulan terakhir, terutama atas Suriah dan keterlibatan di sana musuh bebuyutan Iran.

"Pertemuan di antara kami selalu penting dan yang satu ini terutama begitu," kata Netanyahu sebelum berangkat seperti dikutip Pantau.com dari AFP, Rabu (9/5/2018).

Baca juga: Tarik Diri dari Kesepakatan Nuklir Iran, Amerika Serikat Dimaki Rusia

"Mengingat apa yang saat ini terjadi di Suriah, perlu untuk memastikan koordinasi yang berkelanjutan antara militer Rusia dan (Israel)."

Sebelumnya, Kementerian luar negeri Rusia mengatakan sangat kecewa dengan pengumuman bahwa Amerika Serikat menarik diri dari kesepakatan Iran, sementara Netanyahu sangat mendukung langkah berani presiden AS itu.

Baca juga: Donald Trump Tegaskan Amerika Serikat Mundur dari Kesepakatan Nuklir Iran

Netanyahu telah lama menentang kesepakatan nuklir antara kekuatan dunia dan Iran.

Ia telah berjanji untuk tidak mengizinkan Iran berkuasa secara militer di negara tetangga Suriah, di mana Israel telah berulang kali dituduh melakukan serangan mematikan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More