Forgot Password Register

Pemerintah Klaim Kualitas Mudik Tahun Ini Meningkat

Pemerintah klaim mudik kali ini lancar (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi) Pemerintah klaim mudik kali ini lancar (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Pemerintah mengklaim berhasil meningkatkan kualitas musim mudik 2018 dengan penurunan angka kecelakaan serta kelancaran arus mudik dan arus balik. Selain kelancaran arus lalu lintas, stabilnya harga kebutuhan pokok juga menjadi indikator meningkatnya kualitas lebaran tahun ini.

"Masyarakat ternyata lebih mudah untuk melakukan mudik lebaran juga arus balik. Kemacetan lalu lintas dapat diurai kecelakaan lalu lintas dapat dikurangi 30 persen, angka ini (berkurang) cukup besar dari tahun-tahun lalu," ujar Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto usai memimpin rapat Koordinasi Lintas Sektoral Analisa dan Evaluasi (ANEV) Pengalaman Idul Fitri 2018 melalui video konferensi Operasi Ketupat di gedung Rupatama, Mabes Polri, Kebayoran, Jakarta, Senin (25/6/2018).

Baca juga: Menhub Apresiasi Pihak yang Terlibat Kelancaran Arus Mudik dan Balik Lebaran 2018

Harga bahan pokok yang cenderung stabil juga disebut Wiranto sebagai salah satu faktor peningkatan kualitas di bulan Ramadan hingga Idul Fitri.

"Dari pantauan Menteri Pertahanan harga pangan relatif lebih dapat dikendalikan, harga tiket dibanding tahun lalu lebih manusiawi dan dapat terjangkau," kata Wiranto.

Baca juga: Menhub Dukung Sanksi Pidana kepada Anak Buahnya Terkait Tenggelamnya KM Sinar Bangun

Wiranto menjelaskan kemajuan di berbagai sektor selain terjalinnya kerjasama yang baik dari berbagai elemen, juga kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Faktor infrastruktur juga menjadi pemicu kelancaran mudik lebaran kali ini. 

"Presiden Jokowi beserta jajarannya melakukan langkah kebijakan, bagaimana hal-hal tahun lalu tidak terulang lagi, minimal dapat diminimalisir sebesar ini, dari yang direncanakan dari yang dilakukan pembangunan infrastruktur yang cepet, jalan tol jadi perhatian pemerintah," imbuhnya.

Dalam rapat tersebut hadir pula Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Aman Sulaiman, dan beberapa instansi lainnya seperti Jasa Marga dan Jasa Raharja.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More