Forgot Password Register

Penampakan Lukisan Sejarah yang Dicap Sebagai Tertua di Dunia dari Gua di Kalimantan

Penampakan Lukisan Sejarah yang Dicap Sebagai Tertua di Dunia dari Gua di Kalimantan Ilustrasi seorang wanita tengah melihat lukisan sejarah. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sebuah lukisan tentang binatang dari gua di Indonesia dicap sebagai karya seni figuratif tertua di dunia. Lukisan tersebut diyakini berasal dari 40.000 tahun.

Lukisan dari Kalimantan dengan gambar berupa ternak liar, adalah salah satu dari ribuan karya seni yang ditemukan beberapa dekade lalu di daerah terpencil.

Baca juga: Antartika Terbuka Bagi Semua Negara untuk Studi Ilmiah


Sebuah lukisan tentang binatang dari gua di Indonesia dicap sebagai karya seni figuratif tertua di dunia. (Foto: kalimantanthorpe.com)

Penemuan ini menambah semakin banyak bukti bahwa lukisan gua tidak muncul hanya di Eropa. "Kita dapat melihat bahwa seni figuratif berkembang dan berevolusi kurang lebih pada saat yang sama di Asia dan di Eropa," kata peneliti Maxime Aubert, seperti dilansir dari AFP, Jumat (9/11/2018).

Aubert, seorang profesor di Griffith University di Australia, telah bekerja untuk meneliti lukisan-lukisan kuno yang berada di Kalimantan dalam waktu yang lama.

Baca juga: China Akan Buat Hujan Buatan Menggunakan Satelit

Sekadar informasi, lukisan itu memilki beberapa lapisan. Lapisan paling bawah dan paling atas menampilkan lukisan binatang, sebagian besar jenis sapi lokal, serta stensil tangan dengan warna kemerahan.

Di atasnya, terdapat stensil dengan warna mulberry yang dikelompokkan dalam pola dan dihiasi dengan garis dan titik, serta figur manusia dengan warna senada.  Sedangkan lapisan terakhir menampilkan orang, perahu dan desain geometris.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More