Forgot Password Register

Penasehat Putra Mahkota Saudi Lakukan Penyiksaan pada Perempuan

Penasehat Putra Mahkota Saudi Lakukan Penyiksaan pada Perempuan Mohammed bin Salman. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Pembantu tinggi untuk putra mahkota Saudi, yang dipecat karena perannya dalam pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi, melihat penyiksaan terhadap sedikit-dikitnya seorang wanita pegiat, yang ditahan pada awal tahun ini, kata dua sumber, yang mengetahui masalah itu.

Saud al-Qahtani merupakan penasehat kerajaan untuk Putra Mahkota Mohammad bin Salman hingga Oktober, ketika dipecat dan kemudian terkena sanksi oleh Amerika Serikat atas pembunuhan kolumnis The Washington Post itu.

Tiga pria terlibat dalam penyiksaan wanita itu dengan melakukan pelecehan seksual, penyetruman, dan pemukulan yang dilakukan antara Mei hingga Agustus di tempat penahanan tidak resmi di Jeddah.

Baca juga: Senator AS: Mohammed bin Salman Terlibat dalam Pembunuhan Khashoggi

Mereka melukiskan kelompok tersebut beranggota sekitar enam pria berbeda dari penyidik biasa dan mengatakan berasal dari Federasi Keamanan Dunia Maya Saudi, yang Qahtani pimpin pada waktu itu, atau kepada keamanan negara.

Qahtani hadir ketika sedikit-dikitnya seorang wanita disiksa, kata dua sumber. Reuters belum dapat meminta tanggapan Qahtani yang dipecat pada Oktober.

Seorang pejabat Saudi mengatakan tuduhan-tuduhan terkait penyiksaan dan perlakuan tak manusia terhadap tahanan wanita salah dan tak memiliki kebenaran.

"Para tahanan ditahan berdasarkan tuduhan terkait mengganggu keamanan dan stabilitas kerajaan," kata pejabat tersebut menanggapi pertanyaan Reuters.

Baca juga: CIA Beberkan Fakta Pembunuhan Khashoggi kepada Senat AS

Hak-hak mereka dihormati dan mereka memperoleh layanan medis, sosial, dan kunjungan oleh keluarga, kata pejabat itu.

Para wanita itu termasuk di antara puluhan pegiat terkemuka, yang ditangkap sejak Mei di tengah-tengah penumpasan menyasar ulama dan intelektual. Sebelas wanita masih ditahan, kata para pegiat, termasuk empat yang diduga disiksa.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More