Forgot Password Register

Headlines

Pengacara Sebut Ratna Sarumpaet Sakit, Polisi: Beliau Sehat

Pengacara Sebut Ratna Sarumpaet Sakit, Polisi: Beliau Sehat Ratna Sarumpaet dengan baju tahanan (Foto: Antara/Reno Esnir)

Pantau.com - Polisi memastikan kondisi Ratna Sarumpaet hingga kini dalam keadaan sehat. Hal ini sekaligus menampik pernyataan kuasa hukum Ratna yang mengatakan bahwa Ratna Sarumpaet harus mengonsumsi berbagai obat-obatan.

"Pada prinsipnya beliau sehat dan tidak ada keluhan apa-apa. (Kondisi kesehatan Ratna) itu dari hasil pertanyaan saya pada saat melakukan pengecekan langsung kepada yang bersangkutan," ucap Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya AKBP Barnabas S Imam saat dikonfirmasi, di Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Baca juga: Pengacara Ratna Sarumpaet Ajukan Status Tahanan Kota untuk Kliennya

Selain itu, dari Standar Operasioal Prosedur (SOP) yang berlaku, kata Barnabas, semua tersangka yang telah ditetapkan sebagai tahanan harus melewati tes kesehatan yang dilakukan oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes). 

Nantinya, dari hasil pemeriksaan itulah riwayat kesehatan tersangka akan diketahui atau jika membutuhkan obat-obatan tertentu. Namun, untuk Ratna Sarumpaet, dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya penyakit atau kondisi tubuhnya telah dinyatakan sehat. 

"Yang jelas Biddokkes menyatakan bahwa Bu Ratna sehat," kata Barnabas.

Bahkan, setelah empat hari Ratna Sarumpaet resmi menjalani penahanan, kata Barnabas, wanita 70 tahun itu belum sekalipun mengeluh atau merasa kesakitan pada tubuhnya.

"Dan beliaunya sampai hari ini tidak ada keluhan sakit atau permintaan untuk dibawa ke dokter," singkat Barnabas.

Baca juga: Ini Alasan Ratna Sarumpaet Ingin Menjadi Tahanan Kota

Sebelumnya diberitakan, Tim kuasa hukum Ratna Sarumpaet menyebutkan beberapa alasan agar kliennya itu mendapat izin sebagai tahanan kota. Mulai dari kondisi kesehatan hingga terbatasnya aktivitas di dalam ruang tahanan.

"Kemudian dia juga sudah berusia lanjut gitu loh, kemudian obat ya kan. Jadi agak sedikit ini lah, kalau sampai harus berada di rutan tentunya secara fisik maupun mentalnya bisa terpengaruh dengan usia lanjutnya," kata Insank Nasrudin selaku kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Senin, 8 Oktober 2018.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More