Forgot Password Register

Pengamat: Anies Sedang Dipromosikan oleh JK

Anies Baswedan di Gedung MPR (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah) Anies Baswedan di Gedung MPR (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - CEO Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan menilai ada upaya Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mempromosikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jelang Pilpres 2019 mendatang.

"Pak JK adalah seorang wapres yang dianggap berhasil dan memiliki potensi untuk menjadi king maker, karena Pak JK memiliki kekuatan di Indonesia Timur, jadi bisa saja akan meng-endorse Pak Anies," ujar Djayadi Hanan di Jalan Cisadane 8, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/7/2018).

Baca juga: Anies Beberkan Kedekatannya dengan Wapres Jusuf Kalla

Kedekatan Anies dan JK sudah terjalin lama lantaran pernah sama-sama bergabung dalam organisasi kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI). Anies adalah junior JK. Anies juga didukung JK dalam Pilkada DKI 2017 lalu.

Sehingga Djayadi meyakini JK akan bisa mampu memberikan referensi kepada para parpol untuk mengusung Anies.

"Ya, itu kan hanya silaturahmi aja. Memunculkan alternatif-alternatif yang mungkin bisa dianalisis dan dijadikan masukan oleh para partai-partai yang sedang mencari calon," tuturnya.

Baca juga: Ini Jawaban Anies Baswedan Soal Peluangnya Jadi Capres

Sementara itu, Djayadi memperkirakan potensi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjadi capres atau cawapres akan semakin besar jika Prabowo tidak maju dan berniat menjadi king maker.

"Tapi kalau tidak ada Prabowo, maksudnya mundur dari pencalonan dan mencalonkan Anies, maka suara Prabowo bisa dialihkan ke Anies," jelasnya 

Namun ia juga menyarankan untuk para penantang Jokowi agar suaranya tidak terpecah dan suaranya kuat, "Karena itu kalau non petahana mau menang harus satu saja. Kubu Jokowi melawan kubu non Jokowi itu akan lebih mungkin," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More