Forgot Password Register

Pengamat: Pelemahan Rupiah Belum Berdampak ke Sektor Riil

Pengamat: Pelemahan Rupiah Belum Berdampak ke Sektor Riil Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik UGM, Tony Prasetiantono (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat masih lesu. Dari data spot nilai tukar Bloomberg mencatat rupiah telah mencapai Rp14.085 per dolar AS.

Namun Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gajah Mada (UGM), Tony Prasetiantono mengatakan, dampak ke sektor riil tidak akan terasa langsung.

"Efek ke sektoril belum secepat itu. Yang cepat itu pada pasar uang," paparnya saat ditemui dalam diskusi di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Rabu (9/5/2018).

Baca juga: Bikin Stress, Ini Perubahan Hidup Kamu Jika Dolar 'Ngamuk'

Ia menambahkan, inflasi saat ini masih belum terasa karena produsen cenderung juga menahan menaikkan harga dengan beberapa alasan. 

"Lalu inflasi saya kira masih belum, karena produsen cenderung daripada barang enggak laku, lebih baik habiskan stok dengan harga lama. Karena nimbun juga kan (butuh) ongkos," katanya.

Baca juga: Mahal Karena Dolar Naik, Yakin THR Anda Buat Beli Gawai?

Sehingga menurutnya, pengusaha dalam waktu dekat ini dinilainya tidak akan menaikkan harga karena juga akan memberikan pengaruh lain.

"Jadi menurut saya pengusaha dalam waktu dekat ini juga belum akan menaikkan harga, karena nanti demand nya turun. Event penerbangan kaya Garuda juga tahan dulu karena kalau naikkan harga malah elastis. Jadi menurut saya belum, jangka pendek belum terasa pada sektor rill" pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More