Forgot Password Register

Pengamat: Perang Hashtag Politik Tak Terlalu Berpengaruh Signifikan

Pengamat: Perang Hashtag Politik Tak Terlalu Berpengaruh Signifikan Baju #2019JokowiPresiden (Foto: Inas Nasrullah)

Pantau.com - Gerakan hashtag politik untuk meraih suara pemilih di media sosial disebut pengamat politik Yunaro Wijaya tidak terlalu berpengaruh. Hal ini lantaran hanya 40 persen penduduk Indonesia yang aktif menggunakan internet.

"Suka atau tidak 40 persen penduduk kita sudah menggunakan internet, dan 90 persennya itu menggunakan Facebook. Nah pertarungan tagar sebenarnya masih lebih banyak ada di Twitter. Efeknya masih belum terlalu besar penggunanya, karena Twitter masih belasan persen penggunanya," ujar pengamat politik Yunarto Wijaya di FX Sudirman, Senayan, Jakarta, Rabu, 6 Juni 2018.

Baca juga: Gerakan #2019JokowiPresiden, Ketua DPP Hanura: Ada Kaos Gratis untuk Amien Rais

Berbanding terbalik dengan Facebook, selain hampir setengah penduduk Indonesia memiliki Facebook, aplikasi besutan Mark Zuckerberg itu juga mampu tampilkan audio visual yang dapat menarik pengguna. 

Sehingga, kata Direktur Eksekutif Charta Politika itu, bukan sesuatu yang aneh apabila hoax atau kabar bohong dengan cepat dapat mudah menyebar apabila disebarkan melalui Facebook.

"Nah tagar itu sebenarnya tidak menyediakan itu, jadi sebetulnya itu belum jadi hanya ada di segmen tertentu, yang lebih berbahaya sebenernya adalah postingan-postingan yang beredar di facebook, walaupun tanpa tagar," imbuhnya.

Baca juga: Gerindra Bikin Koalisi Keumatan, Ngabalin: Umat Mana yang Dimaksud?

Kendati demikian, Yunarto juga menerangkan tagar efektif memperkuat para pendukung militan yang telah mendarah-daging di pemikirannya

"Apa yang terjadi terhadap pertarungan sekarang tagar itu lebih kepada menguatkan militan masing-masing pemilih yang sudah menyatakan pemilihannya," katanya.

Dalam beberapa waktu terakhir, publik diramaikan dengan tagar #2019GantiPresiden yang dipopulerkan oposisi di Indonesia. Kemudian muncul gerakan perlawanan dengan tagar #2019JokowiPresiden untuk menandingi.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More