Forgot Password Register

Pengamat: Rusuh Rutan Kelapa Dua dan Bom Surabaya Saling Berkaitan

Pengamat: Rusuh Rutan Kelapa Dua dan Bom Surabaya Saling Berkaitan Bom Surabaya (Foto: Reuters/Sigit Pamungkas)

Pantau.com - Pengamat terorisme Rakyan Adibrata menilai terdapat keterkaitan antara insiden kerusuhan Rutan Cabang Salemba di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, dengan serangan bom yang terjadi di Surabaya. 

"Saya lihat ini terkait tetapi tidak terkoordinasi. Hanya yang satu menginspirasi aksi yang lain," kata Rakyan Adibrata kepada Pantau.com, Senin (14/5/2018). 

Baca juga: Polisi: Sembilan Terduga Teroris Ditangkap Hidup, Empat Tewas

Rakyan juga menyebutkan, insiden serangan bom yang terjadi di Surabaya ini merupakan kali pertama terjadi di Indonesia dengan pelaku yang berasal dari satu keluarga. 

"Ini kejadian pertama, tingkat radikalisme keluarga ini sangat akut," katanya. 

Ia juga menyayangkan kurang tanggapnya lingkungan di sekitar tempat tinggal pelaku pengeboman yang berasal dari satu keluarga ini. 

"Yang menjadi persoalan, seharusnya ada sikap-sikap reguler yang terdeteksi oleh lingkungan sekitar, kalau saja deteksi dini oleh lingkungan sekitar bisa berjalan,  maka hal ini mungkin saja tidak akan terjadi," katanya.

Baca juga: Kronologi Ledakan Bom di Polrestabes Surabaya

Hingga Senin sore, polisi memastikan telah mengungkap 13 pelaku terduga teroris yang terlibat aksi pengeboman di Surabaya dan Sidoarjo. 

"Sembilan ditangkap hidup dan empat ditangkap dalam keadaan meninggal dunia. Jadi total ada 13 (pelaku)," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera dalam jumpa pers, Senin sore (14/5/2018).

Share :
Komentar :

Terkait

Read More