Pantau Flash
Axelsen Cedera, Ginting ke Semifinal BWF World Tour Finals 2019
Jokowi Optimis Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan LRT Rampung pada 2021
Ganda Campuran Indonesia Rontok di BWF World Tour Finals 2019
Sarri Nantikan Laga Juventus Kontra Spurs di Babak 16 Besar Liga Champions
6 Jasad Korban Letusan Gunung Berapi di Selandia Baru Ditemukan

Penggawa Timnas U-16, Alfin Lestaluhu Meninggal Dunia

Headline
Penggawa Timnas U-16, Alfin Lestaluhu Meninggal Dunia Alfin Lestaluhu. (Foto: Antara)

Pantau.com - Kabar duka melanda sepakbola Indonesia. Pemain Tim Nasional U-16 Indonesia, Alfin Lestaluhu, mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 22.11 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta, Kamis 31 Oktober 2019.

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan, berdasarkan keterangan dari dokter, pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu wafat karena menderita 'encephalitis' atau radang otak.

PSSI pun turut mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Alfin lewat media sosial Instagram.



"Telah berpulang menghadap Sang Pencipta, Alfin Farhan Lestaluhu. Selamat jalan, Alfin, terima kasih atas segala perjuanganmu untuk nama harum Indonesia," tulis PSSI.

Jenazah Alfin akan dibawa ke kampung halamannya Tulehu, Ambon, dengan pesawat yang berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma. Terkait ‘encephalitis’, Perpustakaan Kedokteran Amerika Serikat (US National Library of Medicine) menyebut bahwa penyakit itu disebabkan infeksi virus atau bakteri.

Di tingkat yang parah, radang otak ini menimbulkan gejala seperti sakit kepala berat, demam mendadak, muntah, mengantuk, kebingungan dan kejang.

Baca juga: Pemain Berjuluk 'Maradona Indonesia' Meninggal Dunia


Alfin Lestaluhu menjadi salah satu andalan timnas U-16 yang dilatih Bima Sakti. Saat tampil di Piala AFF U-15 2019, pesepakbola jebolan SKO Ragunan itu selalu berlaga dan membawa Indonesia meraih peringkat ketiga.

Performa pentingnya juga berlanjut di laga Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 yang berlangsung di Jakarta, pertengahan September 2019. Dia mencetak satu gol di turnamen itu dan meloloskan Indonesia ke Piala Asia U-16 2020 di Bahrain.

Alfin sendiri diketahui menderita sakit setelah dia dan keluarganya menjadi korban gempa yang mengguncang Pulau Ambon sekitarnya pada Kamis 26 September 2019. Setelah itu, Alfin mendapatkan perawatan di RS Tentara Ambon, Maluku dan kemudian dibawa ke Jakarta untuk penanganan lebih lanjut.


Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Kontributor - RZS
Category
Olahraga

Berita Terkait: