Forgot Password Register

Penting Bagi Ibu Baru untuk Punya Waktu 'Me Time'

Penting Bagi Ibu Baru untuk Punya Waktu 'Me Time' Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Perubahan drastis pola hidup dialami perempuan yang baru menjadi ibu memang sering kali membuat kaget dan muncul rasa tidak siap, karenanya penting para ibu baru ini memiliki waktu istirahat untuk diri sendiri atau dikenal dengan istilah 'me time'.

Baca juga: Jika Kamu Merasakan 5 Hal Ini, Sebaiknya Langsung 'Me Time'

"Menjadi seorang ibu banyak banget tantangannya, banyak banget perubahan dalam diri, belum lagi perubahan hormon, me time membuat dia (ibu) bisa rehat sebentar dari rutinitas dia yang baru menjadi seorang ibu," ujar Psikolog Anak dan Remaja Monica Sulistiawati di Jakarta, Selasa, 13 Februari 2019.

Setelah menjalani me time yang berkualitas, maka dipastikan dia mendapatkan dirinya segar dan energi yang kembali pulih, bahkan bisa menjadi dirinya yang dulu.

"Sehingga ketika bertemu si anaknya energinya ke charge (terisi) lagi, yang tadinya dia sudah capek banget, dia sudah hopeless sudah frustasi dia jadi semangat lagi, itu penting banget me time," jelasnya.

Terkait kapan waktu yang tepat untuk melakoninya itu bergantung kepada keinginan si ibu dan berapa lama diperkirakan ia membutuhkannya, yang terpenting adalah kualitas, bisa dilakukan dengan melakukan hal menyenangkan.

"Kalau setiap hari si ibunya pergi anak ditinggalkan sama suster nya di tinggal pembantunya, itu namanya bukan me time, itu namanya si ibu abaikan si anak," paparnya.

Tentu saja, si ibu harus benar-benar mendapat izin suami dan orang rumah, agar tidak terjadi salah paham, kapan, kemana, dengan siapa, dan berapa lama haruslah jelas ketika dibicarakan dengan sang suami.

"Dirinya bersama pasangan diskusi, kalaupun mau me time pergi hangout, sebentar sama temennya, izinlah dengan suami," tambahnya.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Setelah Liburan Agar Terhindar dari Stres

Bukan hanya untuk ibu, me time juga secara tidak langsung bermanfaat untuk anak, karena setelah me time biasanya si ibu akan merasa bahagia, sehat fikiran dan badan.

"Ibunya sehat happy, anaknya pasti happy, kita ngomong happy bukan sekedar tertawa, pasti karena kan anak terus bertumbuh dan bertumbuh, ibu yang sehat akan melahirkan anak yang happy. Anak yang happy dia akan jadi calon generasi penerus bangsa, yang sehat secara mental," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More