Pantau Flash
Sulitnya Klaim Asuransi Masuk 10 Besar Keluhan Konsumen Indonesia
4 Bocah Jadi Tewas Akibat Kebakaran Rumah di Kota Batu
Bukan Erick Thohir, Gojek Justru Tarik Boy Thohir untuk Isi Kursi Komisaris
Kemenpora-PASI Saring Atlet Berprestasi di ASG untuk SEA Games
Kabar Buruk, PHK Pekerja Nissan Bertambah Hingga 10.000

Pentingnya Support System Bagi Ibu Baru

Pentingnya Support System Bagi Ibu Baru Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Support system bagi ibu baru sangatlah penting guna menambah informasi dan relaksasi, menurut psikolog klinis Monica Sulistiawati.

Baca juga: 'Parenting' Ala Angelina Jolie, Tak Ingin Anaknya Bersikap Terlalu Sopan

Monika mengatakan, seorang ibu baru sangat membutuhkan dukungan dari orang terkenal, meski tidak selalu memberikan solusi namun bisa menjadi sosok yang mendengarkan.

Menurut dia, 80 persen ibu baru mengalami stres yang berpotensi membahayakan anak, bahkan kelangsungan rumah tangga.

"Stres kalau enggak diatasi jadi baby blues. Studi mengatakan kalau 80 persen ibu baru mengalami baby blues, kalau dua minggu enggak ditangani bisa bahaya, bisa melukai anak, dirinya sendiri atau rumah tangga berantakan," ujar Monica seperti dilansir dari Antara.

Orang-orang di sekitar ibu baru juga harus selalu memberikan dukungan terhadapnya. Sebab, menjadi seorang ibu untuk pertama kalinya sangat menantang karena banyaknya perubahan dalam hidupnya yang tidak pernah dirasakan sebelumnya.

"Support system sebenarnya enggak cuma teman tapi ada suami, keluarga, forum online, komunitas. dengan bercerita, ini akan menumbuhkan rasa happy, waras. Ngobrol sebentar sama teman, nanti ngelihat anak lagi sudah happy," jelasnya.

"Dari teman-teman, kami dapat info banyak banget sehingga ketika hal itu terjadiseperti anak sakit, kami jadi enggak panik lagi setidaknya paniknya wajar," tambahnya.

Baca juga: Bunda, Inilah Saat yang Tepat Perkenalkan Anak dengan Toilet

Selain itu, support system juga bisa menjadi sumber semangat dan inspirasi bagi para ibu baru sehingga mereka tidak merasa sendiri dalam menghadapi berbagai pengalaman yang sangat baru di dunia parenting.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam

Berita Terkait: