Pantau Flash
Imbas Perang Dagang, China Mulai Kurangi Impor Emas Hingga 500 Ton
OTT Yogyakarta: KPK Bawa 5 Orang ke Jakarta untuk Diperiksa
G7 Adakan KTT di Tengah Kepanikan akan Perekonomian Global
Redam Hoax Kerusuhan Papua, Kemkominfo Sempat Perlambat Internet
Efek Aksi Demo, Pemesanan Tiket Pesawat ke Hong Kong Turun 20 Persen

Pepet Malaysia, Go-Jek Kena 'Sempot' Pakar dan Pengusaha Lokal

Headline
Pepet Malaysia, Go-Jek Kena 'Sempot' Pakar dan Pengusaha Lokal Ojek Online (Foto: Instagram/gojekindonesia)

Pantau.com - Duh! rencana mengaspal di Negeri Jiran, rupanya Go-Jek, aplikasi karya anak bangsa ini mendapat sorotan dari pakar industri di Malaysia.

Dikutip New Stratits Times, para pakar industri menilai Go-Jek bukan  pilihan terbaik bagi orang Malaysia untuk bepergian dengan aman. Alasannya pengendara sepeda motor terus mencatat angka kematian yang tinggi di jalan.

Pakar lainnya juga menilai bahwa mengizinkan pemain asing, seperti Go-Jek, untuk beroperasi di negara itu juga dapat menghambat upaya pemain lokal untuk meningkatkan layanan e-hailing.

Mereka mengatakan keberadaan Go-Jek di Malaysia akan menciptakan persaingan yang lebih ketat dan menimbulkan kesulitan dalam hal penegakan hukum.

Baca juga: Duh! Lagi-lagi China, Industri Internet Juga Berakar di China

Kepala kendaraan, teknik dan mobilitas Universiti Putra Malaysia, Profesor Dr Wong Shaw Voon, mengatakan meskipun proposal dari perusahaan jasa angkutan online itu telah datang berkali-kali, mungkin bukan ide yang baik bagi Malaysia untuk mengizinkan Go-Jek beroperasi di sini.

"Penting bagi kita untuk bergerak maju dalam membuat jalan menjadi tempat yang lebih aman. Pengendara sepeda motor terus mencatat angka kematian yang tinggi dengan lebih dari 60 persen, atau 4.082 kematian, di jalan tahun lalu," kata Dr Wong kepada New Straits Times, mengutip statistik yang diperoleh dari polisi.

Dia mengatakan Malaysia bukan negara yang kompatibel untuk mengoperasikan layanan naik kendaraan karena rasio antara mobil dan sepeda motor mencapai 50:50, dibandingkan dengan negara lain yang memiliki lebih dari 90 persen sepeda motor.

"Yang terbaik bagi kami adalah pindah dari moda transportasi paling berbahaya, semoga ke angkutan umum terbaik dan teraman, seperti kereta api atau bus, yang bahkan lebih aman daripada mobil," terangnya.

Baca juga: Cerita Diaspora RI Rogoh Kocek Rp28 Juta per Orang untuk Tiket Pesawat

Dr Wong mengatakan banyak masalah dengan sepeda motor mungkin muncul, seperti ukuran helm untuk penghuni dan pembatasan untuk membawa beban yang mungkin tidak nyaman.

"Ada banyak masalah dan kekhawatiran yang perlu ditangani tidak hanya tentang bisnis, tetapi juga tentang keamanan masyarakat," katanya.

Awal tahun ini, Go-Jek sedang mempertimbangkan untuk beroperasi di Malaysia dan Filipina, menurut co-founder Kevin Aluwi.

Dipelajari bahwa Go-Jek berada di tengah-tengah membuat pihak berwenang Filipina mempertimbangkan kembali aplikasinya untuk beroperasi di sana.

Menteri Transportasi Loke Siew Fook mengatakan, bahwa Go-Jek telah menyatakan minatnya untuk memasuki pasar Malaysia, setelah kunjungan yang terakhir sebulan yang lalu.

Loke mengatakan dia tidak melihat adanya masalah dalam operasi naik kendaraan di negara itu.

"Negara kita terbuka untuk investasi asing. Jika mereka (orang asing) ingin mendirikan perusahaan di sini, mereka boleh melakukannya. Saya dengar mereka sedang dalam proses mendirikan perusahaan di sini," katanya.

Pendiri MyCar Mohd Noah Maideen mengatakan sektor layanan e-hailing telah menjadi pasar yang jenuh, dengan lebih dari 20 pemain, termasuk 10 pemain aktif, di Malaysia.

"Go-Jek ingin mengambil bagian dari kami (pemain lokal). Itu tidak membawa apa-apa. Kenapa kita harus membawa orang luar ke Malaysia?," tegasnya.

Baca juga: Lebaran Sebentar Lagi, Toko di Tanah Abang Tebar Diskon Habiskan Stok

Dia mengatakan para pemain lokal harus diberi kesempatan untuk berimprovisasi dengan layanan e-hailing mereka. 

"Misalnya, MyCar telah meningkatkan aplikasi layanannya dalam hal antarmuka pengguna, algoritme, pengalaman pengguna, dan iklan sejak kami meluncurkan aplikasi MyCar pada Februari tahun lalu," tambahnya.

Penyedia layanan e-hailing, Diffride, kepala eksekutif Hannah Yong mengatakan pemerintah harus mengevaluasi secara menyeluruh rencana Go-Jek untuk memperluas operasinya di negara itu.

"Membawa layanan roda dua e-memanggil harus dipelajari secara menyeluruh. Saat ini, kami memiliki tingkat kecelakaan tinggi yang melibatkan sepeda motor," katanya.

Mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Tan Sri Ramon Navaratnam mengatakan Go-Jek bisa menjadi pilihan transportasi bagi warga Malaysia.

"Kalau orang ngebut, itu penyebab kecelakaan. Maka otoritas harus menarik lisensi mereka," katanya.

Navaratnam mengatakan pemain baru yang datang ke negara itu akan menjadi kompetisi bagi operator e-hailing yang ada serta layanan tambahan kepada publik.

"Yang terpenting, penegakan hukum yang baik dalam hal mengemudi dan mengendarai diperlukan. Bahkan, mungkin ada peluang bagi pengendara motor untuk menjadi disiplin dengan penegakan yang lebih ketat untuk layanan naik kendaraan serta memberikan pendapatan dan layanan kepada publik," katanya.

Ia mengatakan tidak semua orang mampu membeli kendaraan dan menggunakan transportasi umum untuk bepergian, terutama dari beberapa tempat yang tidak terjangkau.

"Kami menjadi takut terhadap persaingan, yang merupakan hal terburuk yang dapat terjadi pada perekonomian. Saat kami tidak ingin bersaing, kami tidak bisa mendapatkan yang terbaik dari kami.

Go-Jek juga telah meluncurkan layanannya di Singapura, Vietnam, dan Thailand tahun lalu. Google-Temasek dalam laporannya mencatat bahwa layanan naik kendaraan di Asia Tenggara diperkirakan akan melonjak hingga hampir SG $ 30 miliar pada 2025 dari SG $ 7,7 miliar pada 2018.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait:



Komentar

  1. suka main sportsbook? ? tapi takut ga dibayar sama bandar ? kuy buruan join di SPORT165.COM. situs bola online terpercaya, Cukup 1 user ID Anda bisa bermain di semua game sport165.com. modal kecil/dikit, bisa jadi bukit/dapat jutaan rupiah. bayangkan guys! ga enak dari mana ? sport165.com dengan pasaran bola yang lengkap di dukung 3 provider sportsbook ternama Dan dapatkan promo yang menakjubkan & terbatas hanya di sport165.com - Bonus Hadir/Absen Hingga 100k -  Bonus New Member Up to 2Jt -  Bonus Next Deposit Up to 1Jt -  Bonus Rollingan Up to 0,8% -  Bonus Cashback 5% -  Bonus Turnover IDN-POKER 0,6% -  Bonus Refferal 5% SEUMUR HIDUP Pelayanan cepat & aman!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +6282122629282 / +6287741757139 Nyaman dan beruntung Bermain di sport165.com, jadi bagian prioritas kami.!