Pantau Flash
Sulitnya Klaim Asuransi Masuk 10 Besar Keluhan Konsumen Indonesia
4 Bocah Jadi Tewas Akibat Kebakaran Rumah di Kota Batu
Bukan Erick Thohir, Gojek Justru Tarik Boy Thohir untuk Isi Kursi Komisaris
Kemenpora-PASI Saring Atlet Berprestasi di ASG untuk SEA Games
Kabar Buruk, PHK Pekerja Nissan Bertambah Hingga 10.000

Perhatikan 5 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Hunian

Perhatikan 5 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Hunian Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Setelah mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) di penghujung bulan Ramadhan, bisanya tidak sedikit yang ingin membeli hunian, baik sebagai investasi atau untuk ditinggali.

Baca juga: Ternyata Ruang Tamu Dianggap Sudut Tak Praktis di Dalam Rumah

Tapi harus tahu loh, setidaknya ada lima hal yang harus diperhatikan sebelum membeli hunian dalam bentuk rumah ataupun apartemen seperti hasil bincang-bincang Pantau.com dengan Founder TRINITI Land Bong Chandra, Minggu, 12 Mei 2019.

1. Pikirkan desain dulu

Pikiran utama yang biasanya ada di 'kepala' para milenials, sebelum membeli tempat yang dipikirkan apakah bisa didesain sesuai keinginan.

"Tapi beli coba untuk gimana desainnya nanti, interiornya coba diisi, furniturenya seperti apa, terus kalau udah diisi interiornya dibikin dengan bagus," ujar Bong.

2. Pertimbangan lokasi

Lokasi yang dimaksud Bong haruslah accesable atau akses jalan untuk kendaraan terbuka baik motor ataupun mobil. Meski lokasinya tempatnya cukup strategis, namun akses kendaraan sulit akan mempengaruhi harga jual dan beli.

"Misalkan cuma 500 meter dari Bundaran HI, belum tentu kalau aksesnya cuma bisa masuk motor, walaupun bundaran HI titik nol, tapi kalau cuma motor doang yang muat kan no accessable, jadi akses misalkan dengan MRT, LRT atau busway atau tol," paparnya

3. Perhatikan lahan kosong 

Menurut Bong, jika masih banyak lahan kosong disekitar lokasi yang akan dibeli, maka itu akan bagus karena akan mempengaruhi harga jual beli dibeberapa tahun kedepan.

"Karena kalau ada lahan kosong, development pasti ingin launching product baru, dan product baru pasti setiap tahun harganya naik. Nah, kalau tanahnya udah full, enggak ada lagi semuanya penuh, kita beli disana, itu enggak ada lagi ruang untuk bertumbuh," jelasnya.

4. Perhatikan fasilitas

Biasanya untuk milenials sangat memperhatikan tempat tongkrongan. Faktanya, menurut Bong itu tidaklah baik, karena akan banyak membuang uang, alias boros. Alih-alih tempat tongkrongan, ia menyarankan tempat tinggal yang miliki fasilitas atau dekat co-working.

"Jadi kalau misalnya di basement juga ada, jadi biasanya mereka bisa pakai tempat tersebut untuk ketemu orang, ketemu klien, jadi mereka enggak perlu lagi keluar uang untuk ke kafe, enggak perlu," paparnya.

5. Standar harga

Miliki hunian memang jadi membutuhkan budget besar, tapi Bong menyebut dengan gaji minimal Rp10 juta itu sudah cukup untuk menyicil apartemen, budget tersebut sudah berikut mencakup semua kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Ini Dia 3 Teknik Hidup Minimalis Anti Ribet yang Wajib Kamu Tiru

"Di kota Jakarta Jabodetabek, menurut saya minimum (harga hunian) Rp500 juta, itu nanti ada beberapa cicilan, kalau dengan KPR, mungkin bisa Rp4 jutaan se bulan, menurut saya itu range-nya, Rp3-4 jutaan," tuturnya

"Jadi kalau ada orang yang punya gaji misalnya Rp10 jutaan menurut saya sih bisa, kenapa karena kadang mereka beli tiket Ed Sheeran aja Rp2,5 juta, itu cuma buat sekali konser, begitu selesai konser selesai, tapi rumah kan begitu selesai kita cicil," tutupnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Reporter
Dini Afrianti Efendi
Category
Ragam

Berita Terkait: