Forgot Password Register

PERINGATAN: Awas Ada Aplikasi WhatsApp 'Palsu' yang Bisa Curi Data

PERINGATAN: Awas Ada Aplikasi WhatsApp 'Palsu' yang Bisa Curi Data Ilustrasi WhatsApp (Foto: REUTERS/Dado Ruvic)

Pantau.com - Pengguna WhatsApp kini harus lebih berhati-hati. Kini, muncul aplikasi WhatsApp abal-abal yang bisa mencuri data pribadi.

Informasi itu diungkap okeh perusahaan riset  Malwarebytes. Mereka berhasil menemukan aplikasi WhatsApp palsu bernama WhatsApp Plus, dilansir Express, Senin (16/4/2018).

Ya, aplikasi abal-abal itu memang tidak 'nongol' di Google Play Store atau Apple App Store, tapi banyak beredar di blog dan forum online.

Baca juga: Xiaomi Dikabarkan Bakal 'Caplok' GoPro

Saat kamu mengunduh dan membuka, maka akan disuguhkan oleh logo WhatsApp berwarna emas. Setelah itu muncul opsi menyetujui layanan dan tombol selanjutnya.

Ketika masuk ke halaman baru, muncul tombol hijau yang menandakan WhatsApp yang di-install adalah versi lama. Kamu pun disuruh untuk mengunjungi laman Google Play Store untuk mengunduh versi terbarunya dengan menekan tombol download.  

Namun, ketika menekan tombol download, kamu malah akan masuk ke sebuah laman yang bertuliskan bahasa Arab.

Baca juga: Smartphone Gaming 'Gahar' Xiaomi Black Shark Resmi Dirilis, Ini Harganya

Malwarebytes mengatakan WhatsApp palsu ini menawarkan fitur-fitur yang menggiurkan. Mulai dari bisa memiliki empat akun dan mampu menyembunyikan notifikasi mengetik.

Tapi, nyatanya WhatsApp Plus mampu mencuri data-data pribadi kamu. Seperti nomor ponsel, nama pengguna, bahkan isi pesan yang dikirim atau diterima. 

Malwarebytes belum mengetahui siapa pembuat aplikasi WhatsApp palsu ini. Mereka menyarankan agar tetap menggunakan WhatsApp yang asli dan tidak asal mengunduh aplikasi yang tidak jelas.

Stay safe ya guys...

Share :
Komentar :

Terkait

Read More