Forgot Password Register

Pesan Presiden Jokowi di Hari Lahir Pancasila

Presiden Joko Widodo saat pidato (Foto: Ist) Presiden Joko Widodo saat pidato (Foto: Ist)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo berharap hari lahirnya Pancasila pada 1 Juni sebagai momentum agar seluruh lapisan masyarakat memperkokoh kembali ideologi Pancasila agar bisa diamalkan dalam keseharian.

"Saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustaz, para politikus dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi untuk bersama mengamalkan Pancasila dalam keseharian," ujar Jokowi dalam pidatonya, di Kompleks Kemenlu, Jakarta (01/06/2018).

Baca juga: Anak SD, SMP, dan SMA Pingsan Saat Presiden Jokowi Pidato

Presiden juga membahas soal Asian Games yang juga akan digelar dalam waktu dekat ini, yakni 8 Agustus 2018. Ia berharap dengan semangat dan energi kebersamaan, prestasi akan diraih dan memenangkan kompetisi. Dalam hal ini, Jokowi juga menyebut soal semangat berprestasi yang tertanam di setiap atlet Asian Games dan Asian Para-Games pada tahun ini.

Namun tak hanya atlet, Jokowi juga meyakini semangat itu juga ada pada seluruh profesi dan lapisan masyarakat lainnya. 

"Saya yakin semangat berprestasi ini juga membara di seluruh lapisan masyarakat dan di seluruh jenis profesi untuk menjadikan Indonesia negara maju, negeri yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur (kondisi negeri yang makmur, adil dan sejahtera)," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Lantik Mantan Jubir Gusdur Jadi Wantimpres

Dalam peringatan hari lahir Pancasila, dia mengatakan masalah kemajemukan juga dibayang-bayangi oleh risiko intoleransi. Menurutnya, Bhinneka Tunggal Ika harus terus ditekankan dan dibagikan untuk persatuan dan kebersamaan bangsa Indonesia.  

Share :
Komentar :

Terkait

Read More