Pantau Flash
Jubir KPK: Tak Ada Ketentuan Pimpinan Harus Perwakilan Institusi Tertentu
Sabu 2 Gram yang Baru Dibeli Nunung Masih Belum Ditemukan
JK Isyaratkan Gerindra Lebih Baik Jadi Oposisi Demi Keseimbangan
Unggul Head to Head dengan Li/Liu, Minions Ogah Pandang Remeh
Tolak Pinangan Barca dan PSG, De Ligt: Saya Mengagumi Juventus

Piala Presiden Digelar, Piala Indonesia Diliburkan

Piala Presiden Digelar, Piala Indonesia Diliburkan Deputi Sekretaris Jenderal Pengembangan Bisnis PSSI, Marshall Mashita . (Foto: Pantau.com/Reza Saputra)

Pantau.com - Turnamen pra-musim Piala Presiden 2019 dipastikan akan bergulir pada 2 Maret hingga awal April mendatang. Digelarnya turnamen ini pun membuat ajang Piala Indonesia 2018 harus diliburkan sementara waktu.

Namun, Piala Indonesia baru diliburkan pada babak 8 besar. Deputi Sekretaris Jenderal Pengembangan Bisnis PSSI, Marshall Mashita mengatakan akan tetap menggelar pertandingan Piala Indonesia babak 16 besar yang berlangsung 15-24 Februari mendatang.

“Piala Presiden akan digelar mulai 2 Maret. berakhir awal April. Detailnya akan segera share karena kami lagi memfinalisasi beberapa hal termasuk format pemain, jadwal dan lain-lain. Jadi tidak bentrok dengan Piala Indonesia yang akan berhenti akhir Februari,” kata Marshall saat ditemui di Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Baca Juga: Joko Driyono Tampil dengan 'Wajah Baru', akankah Menyusul?

“Rencana kita memang menghabiskan di Februari (hingga babak 16 besar). Baru kita break di Bulan Maret dan April, baru jalan lagi di sekitar Juni akhir untuk babak delapan besar hingga final,” lanjut dia.

Dengan diliburkannya Piala Indonesia, artinya turnamen tersebut harus kembali mengalami pemunduran untuk partai finalnya. Dimana, menurut Marshall, kemungkinan final Piala Indonesia 2018 akan berlangsung Agustus mendatang.

Namun, Marshall menegaskan PSSI tidak mempermasalahkan hal tersebut. Pasalnya, juara Piala Indonesia ini akan didaftarkan untuk mengikuti AFC Cup 2020, dimana batas pendaftarannya pada Desember 2019.

Baca Juga: Ini Dia Hasil Undian Babak 16 Besar Piala Indonesia 2018

“Pendaftaran di AFC itu Desember. Jadi tidak ada kewajiban untuk menyelesaikan turnamen (Piala Indonesia) di Bulan Maret karena entry ke AFC itu Desember untuk AFC Cup 2020. Tapi PSSI tidak mau menyelesaikan Piala Indonesia sampai Desember (2019) agar Liga 1 tidak terganggu di Bulan Mei. Jadi final kemungkinan Agustus, dan September sudah masuk season baru,” terang Marshall.

“Liga 1 itu kan biasanya mulai antara April atau Mei dan berakhir Desember. Sementara untuk Piala Indonesia ini berbeda. Jadi nanti akan kita mulai September dan berakhir di Agustus tahun depan. Jadi tidak ada klub yang kesulitan untuk main di dua turnamen,” papar dia.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Reporter
Reza Saputra
Category
Olahraga

Berita Terkait: