Forgot Password Register

Headlines

Pilpres 2019 di Depan Mata, Aa Gym: Jangan 'Tuhankan' Capres

Pilpres 2019 di Depan Mata, Aa Gym: Jangan 'Tuhankan' Capres Aa Gym (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Berkaca pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 lalu yang menimbulkan berbagai polemik hingga seluruh pelosok nusantara, membuat ulama kondang Aa Gym mewanti-wanti masyarakat agar tragedi itu tak terulang di Pemilihan Presiden 2019.

"Pilpres itu penting, tetapi jangan menganggap pilpres segala-galanya. Sudah sering pilpres di negeri ini, dan jangan menuhankan capres ataupun proses pilpres ini. Jangan hanya karena capres ini bakal begini, ini bakal begitu," ujar Aa Gym di Balai Sarbini, Jalan Gatot Subroto, Selasa, 11 September 2018.

Dengan perasaan jujur Aa Gym khawatir fenomena Pilpres membuat banyak pihak melakukan berbagai cara untuk meraih kemenangan, bahkan menuhankan kegiatan demokrasi lima tahunan itu.

Baca juga: Tiga Kiat Aa Gym Jalani Resolusi di Tahun Baru Islam

"Analisa boleh, tapi tuhan kita adalah Allah. Jangan menuhankan capres, jangan menuhankan pilpres. Jangan sampai pilpres merusak aqidah, sehingga kita lebih bergantung kepada pilpres daripada ke Allah. Jangan sampai pilpres merusak akhlak kita semua, karena yang harus kita wariskan itu akhlak," tutur Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid itu.

Sebagai alim ulama, kekhawatiran terbesar adalah Pilpres menyisakan rusaknya tali persaudaraan antar agama Islam, atau agama lainnya di tanah air. Padahal kata pria bernama lengkap Abdullah Gymnastiar itu, persatuan antar umat beragama di Indonesia adalah harga yang tak tergantikan.

Baca juga: Harapan Jihan Fahira di Tahun Baru Hijriyah: Semoga Ada Pemimpin Lebih Islami

"Dan jangan sampai pilpres ini merusak ukhuwah kita, ukhuwah islamiyah maupun ukhuwah wathoniyah. Baik sesama umat islam maupun umat yang lain. Terlalu mahal mengorbankan akidah, akhlak dan ukhuwah hanya karena pilpres yang memang akan terjadi 5 tahun sekali," imbuhnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More