Pantau Flash
BI Prediksi Turis Muslim Akan Capai 158 Juta Orang Tahun Depan
Utang Luar Negeri Indonesia Menjadi 395,6 Miliar Dolar AS
Tol Terpeka Digratiskan Selama Sebulan
Tol Terpeka Diklaim Jadi Jalur Produktif Pulau Sumatera-Jawa
Rupiah Menguat 20 Poin, Kini di Angka Rp14.058-14.120

Pilpres 2024: Anies Baswedan, Peluang Politik Islam yang Lebih Soft

Headline
Pilpres 2024: Anies Baswedan, Peluang Politik Islam yang Lebih Soft Anies Baswedan (Foto: Antara)

Pantau.com - Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Kupang, Dr. Ahmad Atang, MSi menyatakan nilai jual Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024 pada titik terendah.

Setelah Prabowo Subianto masuk dalam gerbong PDI Perjuangan, maka peluang politik Islam lebih solit jika figur yang didorong adalah Anies Baswedan. Karena itu, masuknya NasDem justru memperkuat dukungan terhadap Anies, yang bukan saja dari partai Islam modernis namun dari partai nasionalis seperti NasDem, katanya.

Baca juga: Prabowo Duet dengan Puan untuk Pilpres 2024? Ini Kata Pengamat

Dia mengatakan, NasDem akan memperlebar sayap politik dengan merangkul partai lain bergabung setelah pertemuan petinggi NasDem-PKS dan meninggalkan PDI Perjuangan dan Gerindra.

Paling tidak, selain PKS, masih ada PAN dan Demokrat yang kemungkinan besar menjadi gerbong Nasdem selanjutnya untuk mengusung Anies Baswedan, katanya.

Baca juga: NasDem-PKS Siapkan Anies Baswedan untuk Pilpres 2024

Selain itu, NasDem juga akan memperkuat dukungan non partai seperti NU yang secara psikologis ditinggalkan oleh PDIP dan Jokowi.

"NU tidak mendapatkan peran signifikan dalam pemerintahan Jokowi, dan ini akan menjadi pintu masuk bagi NasDem untuk melakukan komunikasi politik, katanya menjelaskan. 

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Nasional

Berita Terkait: