Forgot Password Register

'Polemik Beras Bisa Buat Petani Tak Pilih Jokowi di Pilpres'

'Polemik Beras Bisa Buat Petani Tak Pilih Jokowi di Pilpres' Jokowi dan Ma'ruf Amin (Foto: Antara)

Pantau.com - Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan polemik impor beras yang ramai belakangan ini bisa berpengaruh terhadap perolehan suara Joko Widodo di Pilpres mendatang. Bahkan Hendri memprediksi Jokowi bisa kehilangan dukungan suara dari para petani. 

"Suara petani itu besar, jangan diremehkan," kata Hendri Satrio kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga Ditetapkan Jadi Peserta Pilpres 2019

Lebih lanjut, Hendri menyarankan untuk tidak menganggap remeh masukan dari banyak pihak terkait polemik impor beras yang dipandang merugikan petani.

"Sebaiknya Jokowi segera panggil Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, dan Kepala Bulog untuk mengakhiri polemik ini," katanya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan menyebutkan Badan Urusan Logistik (Bulog) meminta perpanjangan perizinan impor beras sebanyak 440 ribu ton. Perpanjangan izin impor tersebut diminta karena negara pengekspor yaitu India dan Pakistan tengah menghadapi cuaca buruk sehingga mengganggu pengapalan beras.

Permintaan impor ini ditandatangani Budi Waseso tertanggal 18 Juli 2018, dengan nomor B 932/II/DU000/07/2018.

Baca juga: Bamsoet Sindir Polemik Buwas vs Mendag: DPR Saja Bisa Kondusif

Hal tersebut juga dibenarkan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan. Surat itu ditujukan ke Menteri Perdagangan dengan tebusan ke Dirjen Perdagangan Luar Negeri.

Namun, Dirut Bulog Budi Waseso menegaskan tidak perlu mengimpor beras. Mantan pemimpinan Badan Narkotika Nasional (BNN) ini memastikan tidak akan ada impor beras hingga akhir 2018. Ia mengaku stok beras di Bulog saat ini masih lebih dari cukup untuk konsumsi dalam negeri.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More