Forgot Password Register

Headlines

Polisi Menduga Ada Pihak yang Berupaya Adu Domba Institusi Polri dan KPK

Polisi Menduga Ada Pihak yang Berupaya Adu Domba Institusi Polri dan KPK Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto (Foto: Pantau.com/ Rizky Adytia)

Pantau.com - Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menengarai ada pihak yang ingin mengadu domba antara Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait temuan Indonesialeaks yang mengungkap dugaan aliran dana dari importir daging Basuki Hariman kepada Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

"Ada yang mau mengadu antara polisi dengan KPK," kata Irjen Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 10 Oktober 2018.

Setyo menambahkan, jelang Pemilu 2019, banyak isu-isu yang belum terkonfirmasi kebenarannya kerap 'digoreng' untuk memanaskan situasi.

Baca juga: Nama Petinggi Polri Disebut dalam Kasus KPK, Ini Kata Presiden

"Janganlah (mengadu domba), ini menjelang tahun politik. Biarlah kontestasi berjalan aman dan damai," ujar Setyo.

Setyo pun menegaskan tidak ada dana yang mengalir dari Basuki ke Kapolri Tito Karnavian. Pasalnya Basuki telah mengakui bahwa dana tersebut digunakannya sendiri namun dengan mencatut nama sejumlah pejabat negara.

"Dia (Basuki) mengakui dia menggunakan dana itu untuk kepentingannya sendiri dengan menyebut nama-nama pejabat," katanya.

Menurut Setyo, hal itu terungkap dalam pemeriksaan Basuki di Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya yang dipimpin oleh Kombes Pol Adi Deriyan.

Dalam pemeriksaan tersebut, Basuki juga sudah menandatangani berita acara pemeriksaan yang isinya menegaskan tidak pernah ada transfer atau pengiriman dana dari Basuki ke Tito.

"Dia (Basuki) menulis pernyataan dengan tulis tangan bahwa dia menyatakan tidak pernah (transfer uang ke Tito). Pernyataan tersebut dibuat tanpa tekanan dari siapapun," katanya.

Baca juga: Ini Penjelasan KPK Soal Dua Mantan Penyidik yang Diduga Rusak Barang Bukti Kasus

Sebelumnya Indonesialeaks, jaringan media investigasi mengulas sebuah buku bersampul merah yang diduga berisi catatan aliran dana pengusaha Basuki Hariman kepada sejumlah pejabat negara, dan salah satunya mengalir ke Kapolri Jendral Tito Karnavian.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More