Forgot Password Register

Polisi Musnahkan Bahan Pembuat Bom Milik Terduga Teroris Jatim

Bom Surabaya (Foto: Reuters/Sigit Pamungkas) Bom Surabaya (Foto: Reuters/Sigit Pamungkas)

Pantau.com - Kepolisian Polda Jawa Timur kembali melakukan disposal atau pemusnahan barang bukti bahan pembuat bom yang digunakan para terduga teroris di Surabaya dan Sidoarjo. Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan barang bukti itu mencapai tiga truk fuso. 

"Karena terlalu banyak barang bukti di (Mako Brimob) Madaeng, jam 10 dimusnahkan tiga truk barang bukti," kata Frans di Polda Jawa Timur, Rabu (16/5/2018).  

Baca juga: Pantau Foto: Puluhan Kendaraan Terdampak Bom Surabaya Nyaris Tak Berbentuk

Tiga truk bahan peledak itu merupakan sitaan dari rentetan peristiwa bom dari mulai tiga gereja di Surabaya, Rusun Wonocolo, dan penindakan teroris di wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Pemusnahan dilakukan di Pusat Pendidikan Brimob, Watu Kosek, Mojokerto, Jawa Timur. 

Lantaran banyaknya bahan peledak yang disita itulah membuat polisi menutup akses jalan saat penggerebekan teroris di rusunawa. 

"Jadi alasan tutup lokasi karena bahan aktif bom masih berfungsi. Kita tidak membiarkan masyarakat masuk karena bahan aktif cukup banyak," ucapnya. 

Baca juga: Kronologi Ledakan Bom di Polrestabes Surabaya

Sebelumnya polisi juga telah memusnahkan bahan peledak bom yang ditemukan di rumah Anton (pelaku ledakan rusun Sidoarjo), rumah Dita (bomber ledakan tiga gereja), dan saat penggerebekan di Medokan Ayu.  

Bahan peledak yang dimusnahkan terdiri dari bahan elektronik aktif, baterai, kabel, detonator, hingga bahan dasar dari sulfur belerang. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More