Forgot Password Register

Polisi Pastikan Peretas Situs Bawaslu Pelaku Tunggal

Peretas situs Bawaslu (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi) Peretas situs Bawaslu (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Polisi memastikan peretas situs resmi Badan Pengawas Pemillu (Bawaslu) adalah pelaku tunggal, bukanlah bagian dari jaringan yang terstruktur. 

"Karena dikembangkan takut ada pelaku lain (peretas situs Bawaslu). Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata mereka bermain tunggal," ujar Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Kombes Asep Syafruddin kepada awak media saat konferensi pers di Bareskrim Polri, Jalan Taman Jati Baru, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (6/7/2018).

Baca juga: Diciduk Polisi, Peretas Situs Bawaslu Ternyata Remaja 18 Tahun

Asep juga mengatakan tersangka berinisial DM atau dikenal dengan julukan Mr Cakil itu tidaklah mencuri data atau berniat mengubah data yang ada di website Bawaslu. Mr Cakil hanya iseng untuk mengubah tampilan situs.

"Pelaku ini adalah pelaku device terhadap Bawaslu. Hanya mengubah tampilan depan terkait di domain info rapat bawaslu (inforapat.bawaslu.go.id). Jadi bukan merusak sistem dan lain-lain, tidak ada kaitannya dengan KPU," kata Asep.

Baca juga: Tuntut SP3 Sukmawati Dibatalkan, Massa Aksi 67 Bergeser ke Bareskrim

Kepada polisi, DM yang juga warga Bekasi itu mengaku tidak diperintah oleh siapapun saat menjalankan aksinya. Ia mengaku hanya iseng. Saat ia memilih secara acak, maka dipilihlah situs Bawaslu yang dianggapnya mudah.

"Itu yang ditanyakan kepada tersangka dan ia menjawab tidak ada yg memesan, iseng aja, dan secara acak milihnya. Pas ditanya tahu apa enggak Bawaslu apa? Dia bilang secara acak aja dan dipilih yang paling mudah," kata Asep.

Sebelumnya situs Bawaslu atau laman inforapat.bawaslu.go.id yang diretas mengalami tampilan layar blank warna hitam, dengan ditambahi karakter kartun serta tulisan yang berbunyi 'Zaman dulu korupsi menjadi hal yang memalukan tetapi sekarang menjadi hal yang dicita-citakan,'. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More