Forgot Password Register

Polisi Sebut Bom Buatan Jaringan JAD Bekasi Berdaya Ledak Tinggi

Polisi Sebut Bom Buatan Jaringan JAD Bekasi Berdaya Ledak Tinggi Garis polisi (Foto: Pantau.com/Adryan Novandia)

Pantau.com - Densus 88 Anti Teror sebelumnya berhasil menemukan dua bom pipa di gerai ponsel Wanky Cell di wilayah Bekasi Utara, Rabu, 8 Mei 2019. Belakangan, diketahui bom rakitan itu memiliki daya ledak yang besar atau high explosive.

Karo Penmas DivHumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan daya ledak bom rakitan itu hampir setara dengan bom yang meledak di Sibolga, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.

"Ini high explosive, kalau di Sibolga low explosive, daya ledaknya hampir sama dengan daya ledak di Sibolga dan memiliki fatasilitas yang cukup tinggi apabila bom tersebut diledakkan," ucap Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Baca juga: Densus 88 Geledah Konter Handphone di Bekasi, Ini Penampakan Barbuknya

Selain itu, Dedi juga menyebut daya ledak yang tinggi lantaran bom tersebut dibuat dengan keahlian khusus dan beberapa bahan baku. Misalnya, bahan peledak mother of satan atau TATP.

"Ini lebih dikenal sebagai mother of satan yakni bom setan yang high explosive. Hanya orang-orang tertentu yang memiliki keahlian, yang bisa merakit bahan bom high explosive," papar Dedi.

Bahkan, dalam penggeledahan gerai ponsel 'Wangky Cell' atau lokasi ditemukannya bom rakitan itu, Densus 88 Anti Teror mengamankan sedikitnya 20 bahan-bahan dasar peledak.

Baca juga: Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris Jaringan JAD di Bekasi

Jika semua bahan peledak itu dirakit, sambung Dedi, diperkirakan dapat menghasilkan kurang lebih 10 bom pipa yang siap digunakan.

"Barang bukti lain dari tersangka EY selain 2 rakitan bom, ada pisau, HCL, pupuk dan alat-alat senyawa yang dirakit menjadi bom, ada jerigen putih yang berisi cairan bening yang terdeteksi sebagai axeton lalu ada barang-barang berupa termometer, corong gelas, hampir sekitar 20 bahan2 ini merupakan bahan untuk membuat bom," kata Dedi.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More